Daftar cagar alam terbaik di indonesia

5 Cagar Alam Terbaik Di Indonesia yang bisa Anda jadikan pilihan destinasi wisata Anda setelah setiap hari disuguhi oleh sesak dan pengapnya jalanan di kota pada saat ini yang tak jauh dari kata macet. Menghirup udara segar dan menghabiskan waktu di tengah alam terbuka adalah hal yang bisa Anda temui.

Selain menjadi kawasan suaka alam, cagar alam juga menjadi rumah bagi berbagai tumbuhan, satwa dan ekosistem yang berkembang secara alami yang sangat dilindungi. Berikut 5 cagar alam terbaik di Indonesia.


1. Cagar Alam Bukit Kelam Sintang
Jangan terkecoh dengan namanya, karena cagar alam ini akan memberikan pengalaman menikmati keindahan hutan di Kalimantan yang sanggup menghipnotis pengunjungnya. NamaBukit Kelam pun tidak terlepas dari legenda Bujang Meji dan Tumenggung Marubai.

www.belantaraindonesia.org

Jenis flora langka yang dapat Anda temukan disini adalah Meranti, Bangeris, Tengkawang, Kebas – Kebas, dan juga berbagai jenis Anggrek. Jangan kaget jika saat berkeliling cagar alam Anda mendapati kawanan Beruang Madu dan melihat kelelawar beterbangan di atas langit.

Hal seru yang bisa Anda lakukan disini adalah mendaki ke puncak Bukit Sintang dengan menaiki anak tangga yang menantang, dimana medannya akan sangat mencekam dengan tebing yang curam. Saat sampai di atas bukit Anda juga dapat menikmati keindahan alam yang eksotis berupa gua – gua alam, dimana juga merupakan rumah dan sarang bagi burung Walet.

Dengan ketinggian mencapai 900 meter di atas permukaan laut, cagar alam ini menyediakan fasilitas bagi kalian penyuka hiking dan trekking.

2. Cagar Alam Arjuno LaliJiwo
Kawasan alam Arjuno LaliJiwo ditetapkan sebagai cagar alam sejak September tahun 1992 silam. Memiliki luas sekitar 4.900 hektar, kawasan Arjuno LaliJiwo ini meliputi Gunung Welirang,Gunung Arjuno, Gunung Kembar I dan II.

www.belantaraindonesia.org

Kekayaan alam di Arjuna LaliJiwo meliputi wilayah tropika yang didominasi oleh hutan Cemara Gunung. Memasuki cagar alamnya, Anda akan disambut dengan pemandangan hutan Alpina dan beragam jenis pohon cemara.

Kawanan hewan yang bisa Anda temui disini adalah Rusa, Kijang, Babi Hutan, dll. Berlokasi di bawah Balai Konservasi Sumber Alam Jatim, hingga sekarang fungsinya pun ditujukan untuk kebutuhan penelitian dan pariwisata. 

3. Cagar Alam Pulau Kaget
Jika Anda familiar dengan maskot taman rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, Cagar Alam Pulau Kaget adalah tempat terbaik untuk melihat sekelompok monyet berhidung panjang merah muda ini di habitat aslinya.

www.belantaraindonesia.org

Pulau seluas sekira 85 hektar ini diresmikan sebagai cagar alam pada tahun 1976 dan terletak di dekat muara sungai Barito. Pulau ini terbentuk oleh endapan lumpur yang timbul dari arah sungai tersebut. Tanah yang subur di Pulau Kaget menjadi penyedia mineral bagi berbagai ekosistem hutan dan rumah bagi vegetasi penting seperti Mangrove, Rambai, Nipah, Pandan, danJeruju.

Walaupun tidak ada cerita yang pasti dibalik nama pulau ini, namun poin yang bisa diambil adalah sensasi ketika pertama kali memasuki pulau, karena Anda akan dikagetkan oleh suara riuh ratusan Bekantan yang bergantungan di atas pohon. Selain Bekantan, cagar alam ini juga menjadi rumah bagi lutung, berbagai jenis burung seperti Elang bondol, Elang laut, dankingfisher.

4. Cagar Alam Kepulauan Krakatau
Terletak di kawasan Selat Sunda, cagar alam Pulau Krakatau yang terletak di Selat Sunda ini merupakan warisan alam yang luar biasa indah. Bagaimana tidak, lahan cagar alam seluas kurang lebih 13 hektar ini kamu bisa menemui koleksi unik flora yang terdiri dari berbagai jenis jamur, tumbuhan paku, dan juga hewan – hewan yang mendiami dataran pulau vulkanik, seperti ular, kadal, penyu laut, dan lain – lain.

www.belantaraindonesia.org

Kawasan yang resmi menjadi bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon pada tahun 1984 ini dilindungi dan dipertahankan integritasnya sebagai sebuah kawasan konservasi yang penting bagi ilmu pengetahuan dan pendidikan.

5. Kebun Raya Cibodas
Terletak di daerah Gunung Gede, Jawa Barat, cagar alam yang juga merupakan bagian dariTaman Nasional Gunung Gede Pangrango ini memiliki akses yang mudah dijangkau bagi Anda yang ingin melipir sebentar dari kebisingan kota Jakarta.

www.belantaraindonesia.org

Kawasannya yang luas dan terdiri dari banyak lahan hijau menjadikan Kebun Raya Cibodasrekomendasi cagar alam pertama yang dapat Anda kunjungi. Mulai dari air terjun hingga rumah kaca pun bisa Anda nikmati selama menghabiskan waktu di kebun raya yang sudah berdiri mulai dari tahun 1830 silam ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*