Digital Marketing dan Internet Marketing Sama ?

Digital Marketing dan Internet Marketing

Oleh Candra Haksono

Marketing adalah suatu cara yang digunakan untuk mengenalkan dan memasarkan barang atau jasa kepada masyarakat / Calon Customer. Dalam prosesnya, direncanakan strategi yang akan digunakan dan bagaimana cara untuk membuat konsumen merasa puas. Banyak istilah yang terdapat dalam dunia marketing yang cukup sering didengar orang awam. Diantaranya digital marketing dan internet marketing.

Di era Digital modern ini, keduanya menjadi cara yang paling diminati untuk memasarkan produk ataupun jasa. Cara marketing ini dapat membantu proses pemasaran secara cepat dan luas. Pebisnis dapat meraup keuntungan besar tanpa mengeluarkan anggaran pemasaran yang cukup besar layaknya kegiatan marketing konvensional.  Ada berbagai opsi media pemasaran yang dapat digunakan secara gratis. Akan tetapi, pebisnis dan marketing ” dituntut” menyajikan media pemasaran yang kreatif dan “mengena” targetnya .

Mengenal Digital Marketing dan Internet Marketing

Meskipun cara yang paling diminati dalam pemasaran, ternyata masih banyak yang bingung akan perbedaan kedua istilah ini. Keduanya sangat membantu pekerjaan marketing, akan tetapi digital marketing dan internet marketing adalah dua hal yang berbeda.

Digital marketing merupakan cakupan keseluruhan proses pemasaran.Bisa Dikatan A sampai Z  Melalui media digital, dapat dilakukan promosi produk atau jasa. Citra sebuah merek juga dapat dibangun secara digital. Intinya adalah segala kegiatan PEMASARAN yg dilakukan dengan menggunakan media digital masuk dalam ranah Digital Marketing, artinya jika goals nya adalah pemasaran secara sifat sudah masuk dalam Digital marketing. Mengutip Dari  kata Marketing yang berarti Kegiatan Pemasaran . Ya dalam platform apapun termasuk Platform Chatting, Website, Iklan ,Banner Promosi, Media sosial, email marketing dll.

Media konveksional seperti koran, majalah, dan berbagai media kertas lain hampir sepenuhnya tergantikan. Kini, pemasaran banyak beralih ke media ataupun produk digital. Ada banyak saluran marketing yang dapat digunakan dalam pemasaran. Saluran-saluran ini meliputi website, aplikasi sosial media, banner, email pemasaran, pay per click, SEO, dan berbagai macam hal yang berhubungan dengan media digital.

Internet Marketing

Internet marketing adalah bagian terpenting dari Digital Marketing. Banyak aktifitas dan penganggaran yang berlangsung lewat Internet Marketing. Oleh karena itu, Digital Marketing dan Internet Marketing saling terhubung. Pemanfaatan media internet dan website ini sering disebut dengan online marketing. Fokusnya ada pada kegiatan pemasaran dengan target pengguna internet. Berikut beberapa saluran utama dari internet marketing.

PirantiSofthouse.com
  1. Website

Website atau halaman web adalah kumpulan sumber dan konten multimedia yang ditandai dengan sebuah domain nama web. Ada berbagai macam website, diantaranya website personal, website perusahaan, dan website pemerintah. Beberapa web yang palin terkenal didunia adalah Google.com, Yahoo.com, Wikipedia.com, Baidu.com, Facebook.com dan Amazon.com.

Sebuah website umumnya menampilkan topik tertentu. Website mempunyai banyak fungsi, dari sekedar menuliskan informasi hingga pemasaran. Pemasaran di website umumnya memiliki titik awal dan tujuan akhir. Contohnya titik awal promosi website melalui pemasaran digital marketing dan internet marketing, mempunyai tujuan akhir untuk mendapatkan banyak pengunjung web.

  1. Search Marketing

Search Marketing (SEM) adalah cara yang digunakan untuk mendapatkan pengunjung. Strategi ini dapat dilakukan secara berbayar maupun gratis. SEM terdiri dari dua aktifitas penting yang terdiri dari SEO (Search Enginge Optimization) dan PSA (Paid Search Advertising). SEO adalah proses untuk mendapatkan pengunjung tanpa berbayar. Kata kunci dapat berada diperingkat teratas dengan bantuan teknik optimalisasi pencarian kata.

Sedangkan PSA merupakan cara untuk mendapatkan pengunjung dengan memasang iklan di mesin pencarian. Hal ini tentunya memberikan keleluasaan dan control yang lebih baik atas mesin pencari untuk dapat menemukan web yang diiklankan. Dalam digital marketing dan internet marketing, sejumlah uang didapatkan dengan metode Pay Per Click (PPC). Google Adword adalah perangkat yang cukup terkenal untuk pemasangkan iklan.

  1. Social Media Marketing

Ada banyak aplikasi sosial media, beberapa diantaranya adalah Facebook, Twitter, dan Instagram. Salah satu pengguna situs sosial media terbanyak di dunia adalah Indonesia. Candu sosial media terbukti dengan banyaknya waktu penggunaan atau akses sosial media. Hal ini tidak lolos dari perhatian para pemilik bisnis dan marketing. Pengaruh yang begitu besar dapat membantu promosi melalui digital marketing dan internet marketing.

Namun, para pemilik bisnis dan marketing harus merencanakan strategi  terbaik agar dapat melakukan pemasaran secara efektif dan efisien. Harus mempertimbangkan sosial media mana yang memiliki target sesuai pasar. Bangun relasi pada sosial media yang dipilih dan secara perlahan citra produk dapat dibentuk. Perhitungkan waktu yang akan digunakan dan taktik tepat untuk mendapat untung sebanyak mungkin.

  1. Email Marketing

Meskipun pengaruh sosial media yang begitu besar, pemasaran melalui email tidak ditinggalkan. Setiap promosi digital marketing membutuhkan email pemasaran. Email dianggap sebagai cara paling efektif dan efesien dalam memasarkan produk maupn jasa. Alamat email dari orang-orang yang dirasa akan tertarik pada produk atau jasa akan dikumpulkan. Tim merancang media promosi yang akan dikirimkan melalui email.

Selanjutnya, tim akan mengirim email berisi newsletter atau penawaran kepada alamat-alamat tersebut. Dengan cara ini, informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan dapat diketahui dengan jelas oleh penerima email. Loyalitas dan kepercayaan juga bisa didapatkan dengan melalui digital marketing dan internet marketing yang satu ini. Pembaca dan pengunjung akan merasa tertarik dan menjadi pelanggan.

  1. Mobile Marketing

Belakangan ini,mobile marketing juga menjadi bahan pembicaraan. Pebisnis dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dan terlibat aktif dengan konsumen. Pada awalnya, mobile marketing menggunakan SMS sebagai media pemasaran. Pesan akan dikirimkan secara masal kepada nomor pelanggan  yang ada didalam daftar. Mobile marketing adalah salah satu metode yang murah dan efektif untuk terhubung dengan pelanggan.

  1. Banner Marketing

Namun demikian, penggunaan SMS semakin kurang diminati dalam Digital Marketing dan Internet Marketing. Sebagai gantinya, spanduk iklan digital dapat digunakan. Spanduk iklan dapat dengan mudah ditemui pada halaman web, mesin pencari, newsletter, Facebook, Twitter, dan lainnya. Promosi melalui media ini biasanya berisi teks statis, animasi, gambar, maupun video pada platform yang berbeda. Spanduk umumnya berbentuk persegi dan dapat disesuaikan menurut sisi web yang digunakan.

Untuk menarik perhatian pengunjung, perusahaan harus memiliki blog yang terhubung dengan spanduk iklan. Blog berisi informasi tentang perusahaan  dan artikel berkala. Penulisan artikel dapat disesuaikan dengan target pasar. Foto dan video pendek juga dapat ditambahkan untuk menarik calon pelanggan. Perusahaan harus menampilkan suguhan yang menarik dan kreatif untuk dapat menarik pelanggan.

Trend marketing saat ini adalah pemasaran melalui Digital Marketing dan Internet Marketing. Keduanya membantu pemasaran secara efektif dan efisien. Akan tetapi harus dipahami bahwa keduanya berbeda. Digital marketing menggunakan media digital yang mampu membantu pemasaran secara optimal dan kompleks. Pemilik bisnis dan marketing (bisa) tak perlu lagi mengeluarkan anggaran besar untuk mencetak media pemasaran konveksional.

Sedangkan internet marketing adalah bagian dari digital marketing, yang merupakan proses komplek dengan menargetkan pengguna internet.Dari pemaparan tersebut, anda tentu dapat memahami perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing. Meskipun keduanya berbeda, tetapi tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Penggunaan marketing secara maksimal dapat meningkatkan bisnis anda.

Intinya adalah digital  marketing suatu usaha pemasaran melalui platform Digital yang komperhensif . Secaragaris besar mulai dari Digital Marketing Planing , Digital Marketing Strategy , Chanel Pemasaran online ,  Analisa Customer Behaviour dan Customer Journey ,Evaluasi hingga Customer Loyalty.

Jadi, kalau perusahaan anda belum melakukan, segera transformasi ke digitl marketing , pasar anda akan lebih luas dan lebih terukur .

Candra Haksono Tata

Pirantisofthouse.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*