Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Tes Masuk Kuliah

Berikut beberapa kesalahan yang perlu kamu hindari agar kamu nggak gagal saat tes masuk:

 

1. Lebih Fokus UN dan Mengesampingkan Tes Masuk Kuliah

Ini adalah kesalahan yang sering banget terjadi di kalangan calon mahasiswa. Nggak ada salahnya menganggap ujian nasional (UN) penting, apalagi UN ini menentukan kelulusan kamu. Kalau kamu pahami baik-baik, peluang kamu untuk lulus UN jauh lebih besar dibandingkan peluang kamu untuk lulus tes masuk Kampus Profetik, lho. Cobalah ubah mindset kamu. Untuk mengikuti tes masuk kuliah juga butuh mempelajari terlebih dahulu materi ujiannya, kamu juga butuh waktu untuk memaksimalkan persiapan tes masuknya, supaya peluang lulusmu jadi lebih besar.

 

2. Terlalu Lama Menentukan Keputusan Program Studi yang Akan Diambil

Memikirkan program studi apa yang akan kamu ambil memang harus dipikirkan matang-matang. Tapi, jangan memikirkannya terlalu lama juga, bisa-bisa tes udah ada di depan mata kamu, tapi kamu malah nggak siap menghadapinya karena belum menyiapkan apa-apa. Akhirnya kamu menjadi tidak fokus dan asal-asalan dalam menjawab soal-soal tesmu.

 

3. Terlalu Panik Saat Tes Berlangsung

Memang yang namanya menghadapi ujian atau sebuah tes bukanlah hal yang mudah. Ditambah lagi pikiran-pikiran negatif akan adanya kegagalan, pasti itu bikin kamu nggak nyaman banget. Biar bagaimana pun juga kamu harus berusaha mengendalikan kepanikan dan kegelisahanmu yang berlebihan itu. Terlalu panik dan gelisah juga bisa berdampak buruk buat mentalmu, lho. Bisa-bisa, semua yang udah kamu persiapkan dan materi yang udah kamu pelajari malah menghilang saat tes berlangsung. Kamu nggak mau kan mengalami kejadian seperti itu?

 

4. Kurang Perhatikan Informasi Mengenai Teknis Penyelenggaraan Tes

Ternyata kesalahan semacam ini sering terjadi juga, lho. Entah karena memang nggak ada yang memberikan informasi atau kamu kurang bersungguh-sungguh mencari informasi tersebut. Kebanyakan, calon peserta tes kurang aktif dalam mencari informasi. Mereka lebih banyak menunggu diberikan informasi dari orang lain atau baru bergerak ketika orang lain mengetahui informasi tersebut. Padahal informasi mengenai teknis penyelenggaraan tes ini penting juga, lho. Jadi, cobalah untuk lebih proaktif dalam mencari info mengenai teknis penyelenggaraan tes, ya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*