Harus Tahu Macam-Macam Darah Haid Wanita

https://almuawanah.com/
https://almuawanah.com/

Untuk mengenali keadaan kesehatan rahim dapat dicek dengan membenarkan siklus datang bulan yang pas waktu. Tetapi dapat pula dari memandang corak darah haid yang berkaitan dengan hormon yang terdapat di segala badan. Perihal inilah yang membuat corak darah haid dapat mempunyai makna spesial buat memandang keadaan kesehatan.

Haid dapat dijadikan bagaikan ciri vital dalam memastikan keadaan kesehatan seorang. Sebagian di antara lain ialah tekanan darah, denyut nadi, serta temperatur badan. Dikumpulkan dari bermacam sumber, berikut ini merupakan makna corak darah haid yang harus perempuan tahu:

1. Merah Terang

Warna yang biasanya kamu lihat di tengah siklus haid ini sangat normal, karena itu artinya darah segar dari jaringan lapisan dinding rahim kamu sedang terkikis.

Namun jika kamu selalu mengalami kram yang cukup parah atau rasa perih yang intens sehingga kamu tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari, kamu sebaiknya mengunjungi ginekolog untuk mengecek alasan lain di baliknya.

Jika darah haid kamu bergumpal seperti selai stroberi, itulah pertanda bahwa tubuh kamu sedang mengalami ketidakseimbangan horman progesteron dan esterogen. Kurangi produk susu, kedelai dan gula sebelum mengunjungi ginekolog, ladies.

2. Merah Gelap

Semakin lama darah haid tersimpan dalam rahim, semakin gelap warnanya saat keluar. Maka dari itu, kamu akan sering melihat warna merah gelap saat bangun di pagi hari atau saat blood flow kamu lebih banyak dari biasanya.

Warna tersebut juga dapat menunjukkan bahwa terkikisnya jaringan lapisan dinding rahim telah berkurang dan menjadi pertanda bahwa siklus haid kamu sudah mau selesai.

3. Merah Muda

Darah yang berwarna merah muda bisa terjadi saat siklus haid lebih singkat atau saat haid kamu lebih sedikit dari biasanya.

Darah pink juga bisa menjadi indikasi bahwa kadar esterogen dalam tubuh sedang rendah. Apakah kamu sedang stres, giat berolahraga, atau mengalami perubahan berat badan yang drastis? Faktor-faktor tersebut dapat menjadi alasannya.

Jika setiap bulan siklus haid kamu pendek, itu bisa berarti bahwa kamu kekurangan asupan vitamin dan nutrien. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya protein seperti yogurt dan kacang almond, ya!


4. Coklat / Hitam

Bila darah haid kamu sudah lama tersimpan dalam rahim atau siklus haid kamu sedang tidak teratur, wajar jika warna darah haid kamu coklat.

Namun jika darah haid keluar dengan warna keabu-abuan atau hitam, bisa jadi kamu terkena infeksi rahim atau tanda keguguran bagi wanita hamil. Oh, no…

5. Jingga

Bila warna darah haid kamu ada sedikit warna jingga namun baunya biasa saja, tidak masalah! Namun jika tekstur dan bau darah haid kamu aneh, kondisi tersebut bisa mengindikasikan penyakit menular seksual (STD/STI). Kunjungi dokter secepatnya!

6. Biru / Ungu

Seriously? Ya, haid berwarna biru atau ungu pasti akan membuat kamu panik, tetapi fenomena teresebut sebenarnya tidak berbahaya, kok. Kamu akan melihat sedikit warna biru atau ungu saat darah sudah bergumpal (dan ini juga hal yang wajar).

Bila Miss Cheerful mengeluarkan darah biru atau ungu, itu artinya tubuh kamu sedang menampung hormon estrogen berlebihan! Tambahkan serat ke diet kamu agar warna haid kembali normal.

Apapun masalah kesehatan apabila menunjukkan tanda-tanda tidak sehat, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Termasuk juga untuk masalah kewanitaan, tidak perlu malu untuk segera bicara dengan dokter spesialis kandungan yang tepat agar cepat memperoleh penangangan bila memang diperlukan.

Dan jangan lupa ketika darah haid sudah berhenti sesuai dengan aturan segeralah mandi wajib agar bisa kembali suci dan beribadah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*