Inilah Cara Menggunakan Toilet Duduk yang Benar

Bagaimana cara menggunakan toilet duduk yang benar? Apakah benar bahwa toilet itu tidak lebih sehat dibandingkan dengan toilet jongkok? Simak ulasan di bawah untuk menemukan jawaban pertanyaan anda di atas.

baca juga: jasa bersih toilet bandung

Toilet ada dua jenis, kloset duduk dan toilet jongkok. Belakangan ini banyak sekali pergantian dari toilet jongkok ke duduk. Toilet posisi duduk dianggap lebih nyaman saat digunakan, seperti lansia, penderita penyakit tertentu dan wanita hamil. Penggunaan toilet posisi duduk juga dinilai sebagai trend masyarakat penghasilan menengah ke atas.

Kekurangan Toilet Duduk

Toilet posisi duduk bisa menularkan penyakit seperti diare, flu, bahkan infeksi kulit. Hal ini bisa terjadi karena saat kita menggunakan toilet ini terjadi sentuhan langsung dengan permukaan toilet yang digunakan bergantian. Permukaan kloset pun sangat rentan dalam menularkan penyakit.

Posisi saat duduk juga membuat proses BAB lebih lama. Saat mengejan  terlalu keras dapat mengakibatkan penyakit wasir. Bahkan toilet posisi duduk mengakibatkan usus tidak rileks.

baca juga : cuci sofa bandung Grades

Cara Menggunakan Toilet Duduk di Tempat Umum

Bersihkan dahulu permukaan kloset

Sebelum menggunakan kloset, bersihkan dengan tisu sebagai tindakan pertama. Hal ini dilakukan karena kita tidak tahu siapa yang habis menggunakan kloset tersebut.

Lapisi Permukaan dengan Tisu

Letakkan tisu pada permukaan kloset yang telah anda bersihkan tadi. Barulah gunakan kloset tersebut.

Jangan Mencoba untuk Jongkok

Saat menggunakan toilet, jangan mencoba untuk jongkok di atas permukaan kloset. Tetap coba untuk duduk di atas kloset seperti anda posisi duduk biasa.

Cebok atau Bersihkan Anus

Setelah selesai proses BAB, bersihkan dahulu dengan kran yang biasanya di sebelah kanan kloset. Posisi anda tetap duduk, setelah dibersihkan dengan air, lalu bersihkan dengan tisu kering.

Tutup Kloset

Setelah menggunakan kloset, tutup dahulu baru tekan flush untuk membersihkan kotoran di dalamnya. Lakukan dua kali flush agar kloset pasti bersih tidak berbekas.

Pada intinya, toilet duduk maupun jongkok mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Semua tergantung bagaimana kebutuhan dan kondisi anda.

Setelah menggunakan toilet duduk, pastikan membuang sampah tisu pada tempatnya. Saat menggunakan fasilitas umum, sebaiknya lebih bertanggung jawab. Selalu pastikan kebersihan dan kesehatan demi kenyamanan bersama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*