Jenis Dan Masalah Pada Air Boiler Feed Industri

Air boiler industri yang memiliki masalah dapat menghindar kinerja dan kekuatan yang dihasilkan untuk sistem industri, sehingga tahu persoalan pada air boiler feed sangatlah perlu bagi seorang manajer produksi.

Apalagi terkecuali perusahaan yang Anda kelola tergantung pada kekuatan panas yang dihasilkan boiler, tentu saja perihal berikut jadi tanggung jawab Anda sehingga sistem mengolah selamanya optimal.

Apa sajakah persoalan yang sering ditemui pada air boiler industri yang harus diketahui? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Mengenal Air Boiler Feed


Sebelum tahu mengenai persoalan pada air boiler, Anda harus tahu lebih-lebih dahulu mengenai air boiler bersama lebih mendalam. Dengan begitu, Anda dapat lebih tahu terkecuali terkandung persoalan tak hanya yang diakibatkan oleh air yang digunakan.

Adapun air boiler feed pada dasarnya berasal berasal dari pembangkit yang mengeluarkan uap panas atau stream. Dalam sistem industri, air boiler ini harus dijaga sehingga efisiensinya, lebih-lebih bersama memelihara mutu air yang diumpankan untuk boiler, karena terkait erat bersama berasal dari kinerja berasal dari mesin boiler.

Baca juga rekomendasi meteran air : Water Meter Itron

Oleh karena itu, kebanyakan boiler feed terhitung dilengkapi bersama water treatment plant sehingga air yang digunakan bebas berasal dari kontaminan yang menyebabkan persoalan pada air boiler.

Selain itu, Anda terhitung harus tahu bahwa tidak seluruh sumber air dapat digunakan pada mesin boiler. Anda dapat pakai air yang berasal berasal dari sumur, air permukaan, atau terhitung PDAM, asalkan air boiler yang digunakan harus mencukupi beberapa syarat utama,

 yaitu:

  • Bebas dari zat yang dapat menimbulkan korosi pada boiler internal
  • Tidak boleh menyebabkan terjadinya carry over pada boiler
  • Kualitas air cukup baik, sehingga tidak membentuk endapan atau kerak yang berbahaya

Masalah pada Air Boiler Feed yang Sering Diabaikan

Setidaknya ada tiga masalah utama yang disebabkan oleh air boiler industri ketika digunakan terus-menerus. Sayangnya, masih banyak yang mengabaikan masalah yang muncul. Adapun beberapa masalah tersebut meliputi:

  • Carry Over

Perlu Anda ketahui, masalah pada air boiler yang disebabkan oleh terjadinya carry over biasanya berhubungan dengan kemurnian dari uap atau steam yang dihasilkan. Permasalahan ini biasanya muncul jika air boiler mengandung butiran air, busa, atau juga gas korosif yang terbawa oleh uap masuk ke dalam inlet turbin. Timbunan dari partikel korosif tersebut dapat menyebabkan masalah pada turbin atau peralatan lainnya di kemudian hari.

Oleh karena itu, air boiler harus benar-benar dipastikan bersih dari kontaminan yang menyebabkan adanya zat yang tidak diinginkan ikut terbawa saat boiler dinyalakan.

  • Korosi

Masalah pada air boiler lainnya yang harus Anda waspadai adalah terkait korosi. Biasanya permasalahan ini dapat terjadi jika air boiler feed mengandung gas korosif seperti karbon dioksida, oksigen, atau juga amonia. Garam yang tidak stabil dan ion hidrogen juga disebut dapat menyebabkan masalah ini. Penumpukan dari zat ini dapat menyebabkan pipa boiler menipis yang berujung pada kebocoran jika tidak ditangani dengan cepat.

Selain itu, produk korosi yang terakumulasi juga dapat menyebabkan masalah baru, yaitu corrosion under deposit atau korosi yang terjadi di bawah kerak yang dihasilkan dari korosi.

  • Masalah Scale

Scale atau karang pada boiler merupakan masalah lain yang masih sering diremehkan oleh bagian produksi perusahaan. Padahal scale sangat berbahaya bagi mesin boiler yang digunakan, karena dapat menyebabkan diameter pipa mesin yang mengecil dan transfer panas menjadi terhambat. Hal ini dapat menyebabkan hot spot yang membuat proses pemanasan tidak optimal.

Penyebab dari scale biasanya berasal dari air boiler feed yang mengandung hard water seperti Magnesium atau Kalsium. Oleh karena itu, pastikan agar sumber air yang Anda gunakan terbebas dari partikel dengan mineral berat tersebut.

Solusi Mengatasi Masalah pada Air Boiler

Seperti yang telah Anda ketahui, sumber permasalahan pada air boiler terletak pada kualitas sumber air yang digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan sistem water treatment plant (WTP) yang memungkinkan agar air baku yang akan digunakan telah dimurnikan terlebih dahulu. Proses ini biasanya mengkombinasikan beberapa metode, yaitu filtrasi, demineralisasi atau pertukaran ion, proses penyaringan membran RO, dan juga koagulasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*