Jenis – Jenis Alat Defibrillator

jenis defibrillator

Defibrillator merupakan perangkat medis yang digunakan dalam defibrilasi. Defibrilasi itu sendiri adalah tindakan pertolongan yang diberikan kepada pasien yang mengalami henti jantung atau dalam istilah medis mengalami Fibrilasi Ventrikel.

Alat Defibrillator secara umum bertugas untuk mengeluarkan energi listrik dalam jumlah tertentu dengan tujuan untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal. Dalam aplikasinya defibrillator disesuaikan dengan jenisnya. Ada beberapa jenis alat defibrillator yang bisa kita bagi menjadi berikut ini :

Jenis Defibrillator

# Defibrillator External Manual

jenis defibrillator

Ini adalah jenis defibrillator yang digunakan di rumah sakit. Dikatakan defibrillator manual karena ada beberapa pengaturan dan tindakan dalam penggunaanya dilakukan secara manual diantaranya adalah proses menganalisa irama jantung dan juga memilih berapa besarnya energi yang akan diberikan dalam prses defibrilasi. Defibrillator jenis ini tidak dapat digunakan oleh orang awam, karena hanya tenaga medis terlatih yang dapat mengenali irama jantung yang dapat mengancam jiwa.

# Defibrillator External Otomatis

1

Jenis defibrillator berikutnya yaitu defibrillator External Otomatis atau sering disebut dengan istilah AED (Automatic External Defibrillator). Alat ini memiliki fungsi yang sama sebagai alat kejut jantung. Namun ada beberapa fitur yang berbeda yang dilakukan secara otomatis. Defibrillator jenis ini memang dirancang untuk dapat digunakan oleh orang awam.

AED dilengkapi dengan protokol bersuara yang akan memandu penggunanya bagaimana cara menggunakan alat tersebut. Selain itu, analisa ritma jantung dan impedansi pasien dilakukan secara otomatis oleh alat tersebut. Pengguna akan diperintahkan untuk menekan tombol “kejut” oleh protokol apabila memang diperlukan.

# Defibrillatoar Implan

2

Defibrillator jenis ini ada dua macam. Internal dan external. Disebut internal karena memang dipasang di dalam tubuh pasien sedangkan jenis external yang dikenakan di bagian luar. Alat ini juga bekerja secara otomatis menganalisa irama jantung secara terus menerus dan apabila terdeteksi fibrilasi ventrikel maka otomatis defibrillator ini akan memberikan kejutan listrik dengan energi tertentu.

# Defibrillator Internal Manual

3

Dahulu pada saat pertama kali ditemukan, jenis alat defibrillator adalah seperti ini. Yakni defibrilasi dilakukan secara internal pada jantung, sehingga harus melalui operasi atau pembedahan. Sekarang alat ini juga digunakan secara khusus pada saat dilakukan proses pembedahan jantung. Seperti pada saat transplantasi jantung. Alat ini digunakan untuk memberikan stimulus pada jantung secara langsung agar berdetak normal.

Inilah beberapa macam jenis alat defibrillator yang digunakan hingga sekarang ini. Untuk anda yang membutuhkan alat defibrillator khususnya AED dan defibrillator external manual, anda bisa kunjungi website www.jualdefibrillator.com untuk melihat katalog produk defibrillator murah dan terbaik. Sekian, semoga bermanfaat !

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*