Jenis – Jenis APAR Yang Tersedia Di Kreasi Ukasah

Banyak orang sudah mengetahui apa itu alat pemadam kebakaran atau APAR dan Jenis – jenis APAR yang tersedia, Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan sedikit apa itu APAR. APAR merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau alat untuk memadamkan kebakaran kecil. Pada umum nya APAR berbentuk tabung yang berisi bahan pemadam dengan tekanan yang tinggi. Untuk jenis apar yang tersedia pada Kreasi Ukasah yaitu sebagai berikut.

1 . Alat Pemadam Api Serbuk Kimia (Dry Chemical Powder)

APAR serbuk kimia atau biasa disebut Dry Chemical Powder berkomposisi serbuk kering kimia dengan kombinasi Mono ammonium dan ammonium sulfat. Lalu apa tujuan penggunaan serbuk kering kimia ini? serbuk ini sangat berguna untuk menyelimuti bahan yang terbakar, sehingga bisa memisahkan oksigen dengan hal terpenting dalam kebakaran. APAR Dry Chemical Powder juga menjadi alat pemadam yang sangat multifungsi, karena jenis APAR ini dapat memadamkan kebakaran pada kelas A, B, dan juga C.

Meski multifungsi, namun APAR jenis ini tidak disarankan untuk bagian industry. Karena jenis ini dapat merusak dan mengotori peralatan produksi yang ada disekitarnya. Namun, APAR ini pada umumnya dapat digunakan pada kendaraan roda empat (mobil).

2.  Alat Pemadam Api Busa (Foam)

Jenis APAR busa ini terbuat dari bahan kimia, tetapi dapat membentuk busa. Alat pemadam api busa ini juga sangat efektif untuk memadamkan api yang disebabkan oleh bahan – bahan padat yang non logam, kasus nya seperti pada kebakaran kelas A, contoh yang meliputi yaitu bahan kain, karet, dan juga kertas. Kasus lainnya pada kebakaran kelas B, contoh nya seperti meliputi minyak dan juga alcohol.

3. Alat Pemadam Api Karbon Dioksida (CO2)

Jenis APAR ini mempunyai komposisi utama yaitu karbon dioksida. Sedangkan untuk penggunaan nya, dapat digunakan untuk kebakaran pada kelas B yang disebabkan oleh bahan cair yang mudah sekali terbakar.  dalam jenis apar CO2 ini biasanya tidak akan meninggalkan zat kimia yang keluar dari apar nya.

4. Alat Pemadam Api Liquid Gas

Untuk jenis APAR yang satu ini jarang sekali ditemukan, karena jenis ini hanya ada di ruangan server, komunikasi, dan ruangan sejenisnya. Tabung alat pemadam kebakaran ini biasanya disebut dengan apar kelas A, B, dan juga C. APAR ini mempunyai liquid gas non cfc sehingga jenis APAR ini ramah lingkungan dan tidak meninggalkan residu atau bekas kotoran seperti powder.

Bagi anda yang sedang mencari tempat jual alat pemadam kebakaran terdekat, kami PT. Kreasi Ukasah siap melayani anda, apabila ada yang ingin anda tanya mengenai seputar APAR, anda bisa menghubungi customer service kami.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*