8 Jenis Pakan Ternak Burung Terbaik Untuk Peternak

Bagi kamu yang hobi memelihara burung di rumah, tentu harus memperhatikan asupan makannya. Untuk menjaga kesehatan burung peliharaan, kamu harus mengetahui berbagai jenis pakan ternak burung yang memiliki kandungan gizi di dalamnya.

Umumnya, burung gemar memakan biji-bijian. Namun, tentu bukan sembarang biji-bijian yang bisa kamu berikan kepada burung.

Kamu juga harus memperhatikan pakah biji-bijian tersebut baik untuk pertumbuhan burung kamu atau tidak.

jenis pakan ternak burung

Beragam jenis pakan pun kini bisa kamu temukan di toko luring atau toko daring 

Namun, sebelum kamu pergi ke toko, sebaiknya kamu terlebih dulu mengenal beragam jenis pakan burung agar tidak salah beli.

BACA JUGA : cara membuat fermentasi pakan kambing

Melansir berbagai sumber, kali ini 99.co Indonesia akan membagikan informasi mengenai jenis pakan burung terbaik.

Jenis Pakan Ternak Burung Terbaik

1. Jenis Pakan Burung dari Biji Kedelai

Selain dapat dikonsumsi manusia, biji kedelai juga bisa menjadi makanan untuk burung.

Sebelum memberikannya kepada burung, kamu harus menumbuk biji kedelai agar bisa dimakan burung.

Berikanlah biji kedelai dalam porsi sedikit, karena burung bisa menjadi gemuk jika terlalu banyak makan biji kedelai.

Tubuh yang gemuk akan membuat burung menjadi malas berkicau.

2. Kacang Hijau

Selain manusia, ternyata burung juga sangat menyukai  kacang hijau.

Kacang hijau biasanya digunakan sebagai pakan burung merpati, puter, kenari, dan tekukur.

Pakan ini mengandung vitamin B yang baik untuk kesehatan burung.

3. Kacang Tanah

Salah satu pakan burung yang baik adalah kacang tanah. Meski begitu, kamu tidak boleh memberikannya terlalu banyak.

Hal ini dikarenakan kacang tanah mengandung lemak yang dapat membuat burung menjadi gemuk. Kacang tanah baik diberikan pada burung bayan, nuri, dan kakatua.

Sebelum memberikannya kepada burung, tumbuklah kacang tanah hingga menjadi potongan kecil agar lebih mudah dimakan.

4. Biji Kenari

Biji kenari merupakan biji yang berasal dari tanaman rumput Phallaris canariansis. Seperti namanya, biji ini sangat disukai oleh burung kenari.

Namun, selain itu, biji kenari juga sangat disukai burung gelatik, puter, pipit, parkit, dan kakatua.

Untuk harga, memang biji kenari relatif lebih mahal dibanding biji-bijian lainnya karena termasuk merupakan barang impor.

5. Jenis Pakan Burung dari Biji Bunga Matahari

Selain hamster, ternyata burung juga sangat menyukai biji bunga matahari. Namun, berikanlah biji bunga matahari yang belum diolah menjadi kwaci.

Hal ini dikarenakan kandungan garam pada kwaci cukup berbahaya untuk kesehatan burung.

Dari segi gizi, biji bunga matahari mengandung lemak protein dan karbohidrat yang bik untuk burung.

6. Jenis Pakan Burung dari Beras

Selain sebagai makanan utama untuk manusia, ternyata beras juga bisa digunakan sebagai makanan burung.

Namun kamu harus memperhatikan porsi beras yang diberikan kepada burung. Jika terlalu banyak memberi beras, kemungkinan burung peliharaan kamu akan mencret.

Maka dari itu, campurlah beras dengan jenis biji-bijian lain sebelum diberikan kepada burung.

7. Jagung

Jagung juga cukup sering digunakan sebagai makanan untuk burung. Kamu bisa memberikan jagung pada burung masih dalam bentuk tongkol atau pipilan.

Tongkol jagung sangat disukai beberapa jnis burung, semisal kakatua, nuri, parkit, dan bayan.

Sementara, jagung dalam bentuk pipilan lebih disukai burung merpati, kenari, dan perkutut.

8. Biji Sorgum

Biji sorgum sebaiknya digunakan sebagai campuran pakan burung merpati. Biji ini baik untuk burung karena mengandung pro vitamin A.

Supaya nafsu makan burung lebih baik, berikanlah biji sorgum berwarna kuning karena tidak mengandung zat tanin yang dibenci burung.

Namun jenis biji ini jarang digunakan sebagai makanan burung karena sulit ditemui di pasaran.

Jenis pakan burung utama adalah biji-bijian karena yang mudah untuk dicerna, makanan sampingan adalah dedauan atau juga bisa rumput yang dihaluskan menggunakan mesin pencacah rumput.

Manfaat Nutrisi

1. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan unsur di dalam pakan yang berfungsi sebagai sumber energi, pembakar lemak, memperkecil oksidasi protein menjadi energi, dan memelihara fungsi normal alat-alat pencernaan.

Kadar karbohidrat dalam tubuh burung adalah 2%, sementara pakan burung yang baik adalah yang mengandung 70% karbohidrat, yaitu terdapat pada pepaya, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, dan pisang.

2. Protein
Protein merupakan zat pembangun tubuh, dapat menggantikan jaringan tubuh yang aus atau rusak, sebagai bahan baku pembentukan enzim, hormon, dan zat-zat antibodi serta mengatur peredaran cairan tubuh dan zat yang larut di dalamnya ke dalam dan ke luar sel.

Kekurangan protein menyebabkan burung menjadi kurus, bulu rusak, kerdil, kanibalisme, murung, enggan berkicau, serta sering kali berperilaku mencabuti bulunya sendiri.

Burung berkicau membutuhkan 35% protein dari berat badannya. Protein ini dapat diperoleh antara lain dari ikan, susu, cacing, kacang tanah, kacang panjang, kacang hijau, kacang kedelai.

3. Lemak
Lemak merupakan sumber energi, saluran air metabolik, insulator (pengatur suhu tubuh), sebagai bantalan atau pelindung bagian tubuh, serta sebagai pembawa vitamin A, D, E, dan K.

Apabila burung terlalu banyak mengonsumsi lemak maka burung ini berpeluang untuk mencret atau gemuk. Padahal burung yang gemuk cenderung malas berkicau dan berbiak.

4. Vitamin dan Asam amino
Vitamin berfungsi untuk membantu pembentukan dan pemeliharaan sel-sel jaringan epitel, memperlancar metabolisme, membentuk jaringan pengikat, membantu pembentukan tulang, dan membantu proses pembentukan darah. 

Vitamin-vitamin utama dan asam amino yang dibutuhkan burung antara lain adalah A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3, Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate.

5. Mineral
Mineral merupakan pembentuk in-organik yang ada di seluruh jagad raya. Tubuh makhluk hidup dibentuk dari mineral. Dan mineral juga membantu proses kimia dan elektrik yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup.

Proses-proses kimia dan elektrik hanya akan berfungsi dengan benar apabila keseimbangan mineral yang sesuai diberikan pada sistem. Misalnya zat besi untuk darah, belerang untuk otot, kalsium untuk tulang, dan banyak lainnya yang secara umum memberikan kelancaran fungsional tubuh makhluk hidup.

***

Itulah rekomendasi 8 jenis pakan ternak burung terbaik supaya burung peliharaan kamu semakin sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang hobi memelihara burung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*