10 Khasiat Wedang Jahe dan Cara Membuatnya

10 Khasiat Wedang Jahe dan Cara Membuatnya

Yuk kenali khasiat apa saja yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi wedhang jahe! informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Jahe adalah salah satu rempah yang paling populer dan kerap dijadikan sebagai bahan obat tradisional. Bahkan sejak zaman nenek moyang terdahulu, rimpang jahe telah banyak digunakan sebagai bahan minuman herbal. Hal ini tidak lepas dari segudang khasiatnya untuk kesehatan.

Rimpang jahe dapat diolah menjadi wedhang jahe, teh jahe, ataupun susu jahe. Berbahan dasar jahe, minuman herbal ini cukup berkhasiat untuk menghangatkan perut serta mengatasi berbagai masalah pencernaan, terutama mual dan muntah.

Jahe juga mengandung beberapa senyawa laksatif dan antibiotik alami yang sangat berperan penting bagi kesehatan. Yuk kita simak beberapa khasiat wedhang jahe berikut ini!

Baca Juga : Cara Membuat Kunyit Asam untuk Diet

Khasiat Wedhang Jahe

1. Meredakan nyeri dan sakit

Kandungan senyawa gingerol dan fenol dalam rimpang jahe memiliki sifat anti nyeri yang mampu meredakan sakit. Kedua senyawa ini cukup ampuh dalam meredakan gejala iritasi lambung, meredakan nyeri haid, hingga nyeri otot pasca berolahraga.

Dalam sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman jahe secara efektif dapat meredakan gejala migrain dibanding dengan megonsumsi obat pereda nyeri saja.

2. Menghilangkan mual

Khasiat jahe untuk menghilangkan mual dan mencegah mabuk transportasi tidak perlu diragukan lagi. Minuman jahe ini dikenal berkhasiat untuk meredakan mual dan muntah, baik karena masuk angin, efek samping dari pemulihan pasca operasi, kemoterapi, serta morning sickness pada ibu hamil.

3. Melawan peradangan rematik dan osteoarthritis

Jika diminum secara teratur, minuman jahe dapat membantu mencegah serta megurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik.

Hal ini disebabkan karena beberapa komponen aktif dalam rimpang jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron mampu menurunkan zat-zat pemicu peradangan dalam tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung senyawa oleoresin yang dapat melawan peradangan.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe juga dapat mengurangi gejala peradangan yang muncul sebagai reaksi alergi.

4. Kaya akan antioksidan

Rimpang jahe merupakan salah satu sumber antioksidan tinggi yang dapat menangkal efek buruk dari radikal bebas. Radikal bebas dapat diperoleh dari lingkungan sekitar Anda, seperti paparan sinar matahari, asap rokok, ozon, radiasi, polusi udara dari asap knalpot, bahan kimia industri, serta makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Radikal bebas bisa menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan risiko berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, tumor, kanker, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga gangguan saraf terkait usia (parkinson, alzheimer,  dan penyakit Huntington). Selain itu, radikal bebas juga dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi minuman jahe dapat mencegah serta memperlambat penyakit gagal ginjal.

5. Mengendalikan kadar gula darah diabetes

Telah banyak penelitian yang berhasil membuktikan bahwa jahe dapat menurunkan kadar gula darah serta membantu mengatur respon insulin pada penderita diabetes.

Jahe dapat menurunkan kadar gula dan HbA1c dalam darah. Bagi para penderita diabetes tipe 2, mengonsumsi minuman jahe dapat menurunkan kadar gula darah yang cukup signifikan.

Selain itu, rimpang jahe juga memiliki sifat sebagai anti radang yang dapat mencegah komplikasi diabetes seperti penyakit jantung, retinopati, dan stroke. Manfaat yang satu ini bisa lebih menguntungkan jika diberi tambahan bubuk kayu manis pada minuman jahe Anda.

6. Khasiat Wedhang Jahe | Menurunkan berat badan

Dengan mengonsumsi minuman jahe secara rutin setelah makan pagi, dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, dalam studi lainnya, juga menemukan bahwa minuman jahe dapat membantu Anda untuk mengurangi nafsu makan yang berlebih.

Kandungan nutrisi dalam jahe juga mampu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih efektif.

Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut dengan jangkauan yang lebih luas untuk memastikan manfaat jahe untuk menurunkan berat badan.

7. Melancarkan Pencernaan

Minuman jahe ternyata juga cukup efektif untuk melancarkan pencernaan. Bagi Anda yang mengalami masalah susah buang air besar, tak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi minuman yang satu ini.

Dengan mengonsumsi minuman jahe, bisa membantu mengurangi lemak berbahaya  serta membakar kalori. Jahe juga dianggap sebagai salah satu stimulan dan memiliki efek yang hampir mirip dengan kafein.

8. Mengurangi Reaksi Alergi

Dalam sebuah studi penelitian ditemukan bahwa minuman jah ebermanfaat untuk mengatasi reaksi yang ditimbulkan akibat alergi. Hal ini disebabkan karena jahe mengandung oleoresin dan bersifat sebagai anti radang yang dapat bekerja melawan efek peradangan yang diakibatkan oleh reaksi alergi.

9. Khasiat Wedhang Jahe | Menurunkan Kolesterol Jahat

Minuman jahe juga diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Dengan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh, dapat berpotensi menimbulakn beberapa penyakit seperti penyakit jantung, dan stroke.

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, tak ada salahnya Anda mencoba mengonsumsi minuman jahe yang satu ini.

10. Mengatasi Jerawat secara Alami

Tak hanya berguna untuk mengatasi masalah kesehatan, minuman jahe juga dapat bermanfaat bagi kecantikan. Jerawat termasuk ke dalam jenis peradangan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga pola makan yang sehat untuk mengendalikan peradangan pada jerawat.

Anda dapat mengonsumsi minuman jahe secara rutin untuk mengatasi peradangan kulit ataupun jerawat secara alami. Jahe memiliki kandungan yang bersifat sebagai anti peradangan serta beberapa kandungan yang mampu melawan peradangan seperti gingerol, shogaol dan enzim zingibain.

Cara Membuat Wedhang Jahe

Berikut ini beberapa cara untuk membuat wedhang jahe yang mudah dan bisa langsung Anda coba di rumah:

Cara Membuat Wedhang Jahe Madu dan Jeruk Nipis

  • Cuci jahe hingga bersih, lalu iris tipis-tipis.
  • Letakkan irisan jahe dalam panci berisi 2 gelas air. Masak hingga mendidih.
  • Kemudian tambahkan madu dan air perasan jeruk nipis untuk menambah cita rasanya.
  • Wedhang jahe pun siap dinikmati.

Cara Membuat Susu Jahe 

  • Cuci jahe hingga bersih, lalu iris tipis-tipis.
  • Letakkan irisan jahe dalam panci berisi 1 gelas air. Masak hingga mendidih.
  • Kemudian tambahkan 2 gelas susu.
  • Didihkan kembali dengan menggunakan api kecil selama kurnag lebih 5 menit.
  • Susu jahe siap dinikmati.

Demikian tadi beberapa khasiat wedhang jahe yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bisa bermanfaat serta menambah wawasan Anda tentang khasiat wedhang jahe untuk kesehatan. Selamat mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*