Komposisi Pakan Ayam Joper yang Baik dan Sehat

komposisi pakan ayam joper

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas komposisi pakan ayam joper yang ternyata hampir sama dengan komposisi pakan ayam pedaging. Yuk simak bareng-bareng.

Asal Mula Ayam Joper

Ayam Joper merupakan hasil persilangan antara ayam kampung dan ayam petelur yang memiliki daya tahan tubuh tinggi dan dapat tumbuh lebih cepat dari ayam kampung pada umumnya, terutama pada saat pembuatan daging ayam.

Ayam Joper merupakan jenis ayam persilangan antara ayam kampung dan ayam petelur yang merupakan induk dari ayam kampung dan betina untuk ayam petelur.

Sehingga ayam Joper memiliki banyak keunggulan yang dapat mengatasi permasalahan di kalangan peternak saat ini.

Komposisi Pakan Ayam Joper yang Sehat

Pakan ayam joper merupakan perpaduan dari beberapa bahan nutrisi yang mengandung nutrisi lengkap dan disusun secara spesifik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi unggas yang mengkonsumsinya.

Selain itu pakan merupakan sumber energi untuk pertumbuhan unggas. Peternak perlu mewaspadai beberapa hal tentang pakan, antara lain pemberian pakan, kadar nutrisi, waktu pemberian pakan, dan pengaturan umur ayam.

Agar dapat menghasilkan pakan ayam Joper agar cepat tumbuh maka peternak perlu mengetahui berbagai jenis nutrisi yang terdapat pada pakan ayam Joper.

Adapun nutrisi yang dibutuhkan ayam, seperti karbohidrat, lemak, protein, dan mineral. Pakan ayam buras biasanya ditemukan di toko-toko ternak.

Cara membuat pakan bisa menggunakan mesin pembuat pakan ayam agar mendapat hasil yang lebih baik. Tentunya setiap peternak menginginkan agar ayamnya cepat tumbuh dan mendapat untung yang maksimal.

Jadwal pemberian makan ayam Joper yang terjadi setiap pagi dan sore hari perlu benar-benar dipantau secara cermat dan cermat.

1. Konsentrat

Konsentrat ayam petelur merupakan pakan ayam lapis setengah jadi dimana peternak harus menambahkan bahan pakan tertentu seperti jagung, dedak padi atau tepung batu dengan perbandingan tertentu.

Agar mendapatkan pakan yang memiliki kandungan gizi yang sama dengan keseluruhan. makan. Konsentrat ayam petelur yang beredar di Indonesia biasanya berupa konsentrat protein.

Sehingga peternak hanya perlu menambah sumber energi seperti jagung dan dedak padi. Secara umum konsentrat ayam petelur memiliki kandungan protein kasar 33-36% dengan rasio pencampuran konsentrat 35% + jagung 50% + dedak padi 15%.

Terkadang beberapa peternak juga menambahkan aditif pakan seperti enzim, asam organik, asam amino, dll ke dalam campurannya.

2. Jagung

Jagung memiliki rasa yang manis dan oleh karena itu dianggap cocok untuk membuat gula rendah kalori. Selain itu jagung juga bagus untuk pakan ternak. Salah satu hewan terbaik untuk makan jagung adalah ayam.

Ayam merupakan salah satu produk ternak yang memiliki banyak manfaat karena ayam sangat banyak digunakan untuk lauk pauk masyarakat Indonesia. Ayam olahan pasti akan disertakan di sebagian besar hidangan.

Selain menjadikan kesehatan Anda menjadi makanan dan ayam untuk kegunaan lain, kesehatan Anda perlu dijaga salah satu caranya agar dapat memberikan pakan yang baik. Jagung memiliki manfaat kesehatan ayam yang baik

Pakan Utama Ayam Joper

Makanan Pokok Ayam Joper

Pakan pokok untuk ayam Joper dapat berupa pakan pabrik yang dibuat seperti konsentrat untuk ayam pedaging. Ada juga jenis konsentrat yang berbeda, yang biasanya memiliki tekstur dan umur yang berbeda.

Untuk ayam yang berumur 1 hari sampai 3 minggu sebaiknya diberikan pakan konsentrat dengan tekstur halus atau bubur. Untuk breed, sebaiknya gunakan konsentrat Tipe 511, BR-1, atau AKA-1 sampai ayam berumur 3 minggu.

Sementara itu peternak ayam Joper umur 1 bulan juga bisa memberikan pakan berupa pakan alternatif, atau bisa juga dicampur dengan pakan induk atau pakan konsentrat untuk ayam Joper.

Konsentrat pakan Joper (Ayam Kampung Super) mengandung berbagai nutrisi untuk pertumbuhan sehingga sangat cocok untuk ternak ayam
Konsentrat pakan Joper (Ayam Kampung Super) mengandung berbagai unsur hara untuk pertumbuhan.

Sehingga sangat cocok untuk ternak ayam.Setelah ayam Joper berumur lebih dari 3 minggu, dapat ditambahkan pakan konsentrat yang teksturnya sudah agak kasar. Seperti BR-2, AKA-2 atau 512.

Pakan Campuran Ayam Joper

Setelah pakan utama ada juga pakan majemuk yang diduga bisa melengkapi kandungan gizi pakan utama tersebut.

Pakan majemuk juga bisa menjadi alternatif untuk mengurangi penggunaan pakan utama yang lebih mahal dari pabrikan. Ada berbagai jenis pakan majemuk atau pakan alternatif untuk ayam.

Pakan majemuk berasal dari pakan nabati dan pakan ternak. Di bawah ini kami menjelaskan jenis pakan majemuk untuk ayam yang bisa Anda gunakan.

Sekian pembahasan kita tentang komposisi pakan ayam joper,semoga membantu dan selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*