Macam – Macam Keterampilan Dari Sabut Kelapa

sabut kelapa

Halooo apakabar semuanya? Harapanya selalu sehat dan tetap semangat. Pada ratikel kali ini akan membahas tentang “Macam – Macam Keterampilan Dari Sabut Kelapa”.  Sabut kelapa tidak hanya menjadi limbah yang dibuang begitu saja. Namun sabut kelapa juga dimanfaatkan untuk membuat barang sehari hari sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Mau tau caranya ? Yuk simak pembahasannya dibawah ini !

keterampilan dari sabut kelapa

Macam – Macam Keterampilan Dari Sabut Kelapa

1. Tali rami kelapa

Perahu kelapa pertama adalah tali rami. Kelapa kelapa ini juga merupakan salah satu kerajinan yang paling populer karena sedang tren.

Tren kerajinan vintage memiliki keindahan tersendiri karena dapat memberikan kesan natural. Begitu banyak orang membuat kerajinan antik untuk dijual atau membuatnya untuk digunakan sendiri.

Salah satu peralatan yang bisa Anda gunakan untuk membuat kerajinan antik adalah tali rami ini. Anda dapat menggunakan tali rami untuk mengikat hadiah, tempat untuk menggantung foto, aksesoris, proyek DIY, bahan kreatif lainnya atau juga bisa dibuat menggunakan mesin pemintal tali

2. Keset kelapa dari kelapa

Kelapa kelapa selanjutnya dan paling populer juga adalah kelapa kelapa. Banyak pembeli tikar kelapa yang sebenarnya berasal dari Jakarta.

Hal ini dikarenakan akhir-akhir ini sedang viral berita tentang ular atau ular yang keluar dari sarangnya. Hal ini membuat sebagian masyarakat di kota tersebut resah dengan berita viral tersebut. Namun, apa hubungannya ular dengan kasur kelapa?

Sepertinya kasur kelapa bisa mencegah ular masuk ke rumah karena ular takut dengan kelapa. Hingga saat ini, beberapa produsen bakul kelapa mengalami peningkatan omzet.

Tikar kelapa juga tersedia dalam berbagai pola dan ukuran. Padahal, semakin besar karpetnya, semakin tinggi tingkat kesulitannya dan tentu saja semakin mahal harganya.

Untuk memberikan kesan estetis, beberapa hotel dan restoran juga menggunakan tikar kelapa sebagai pengganti tikar karet. Alas kelapa juga dinilai bahwasanya lebih awet dan tahan lama dalam jangka panjang

3. Sapu Sabut Kelapa

Babi kelapa ini masih bisa bertahan di era milenial, namun memiliki tampilan yang jadul namun sangat fungsional. Ya, sapu kelapa untuk memasak hari ini tidak mau kalah dengan sapu modern.

Kebanyakan orang masih bisa menggunakan sapu kelapa dengan alasan kotoran lebih mudah dibersihkan, lebih murah, lebih tahan lama, dan lebih ramah lingkungan.

Pasalnya, kebanyakan sapu modern sekarang terbuat dari plastik sintetis yang tidak tahan lama. Selain harganya yang lebih mahal, sapu plastik juga tidak ramah lingkungan karena terbuat dari bahan plastik

Sedangkan harga sapu kelapa hanya berkisar antara Rp. 5.000 dan Rp. 30.000 ko. Apalagi jika Anda membelinya langsung dari pengrajinnya, Anda mungkin akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan di toko atau toko.

4. Pot tanaman

Bagi yang menyukai pertanian dan tanaman, sepertinya Anda harus memiliki salah satu produk kelapa buatan tangan ini. Ya, pot tanaman kelapa.

Selain sebagai vas, kelapa juga bisa digunakan sebagai media sayur, jadi tidak perlu menambahkan tanah lagi, atau bisa juga menggunakan cocofiber.

Tanaman yang biasanya menggunakan tanaman kelapa pot adalah anggrek. Selain itu, vas dengan warna dan bahan yang menyatu dengan alam menjadi lebih indah, lebih indah dan lebih natural.

5. Cincin dekoratif

Apakah Anda suka mendekorasi rumah, ulang tahun atau pernikahan dengan tema rustic dan vintage? Tampaknya kerajinan kelapa dekoratif berbentuk cincin ini adalah barang yang harus dimiliki.

Selain menambah kesan yang estetik , hiasan cincin juga bisa ditambahkan dengan hiasan lainnya.Seperti halnya Misalnya menambahkan bunga kering, ditambah inisial nama dan sebagainya.

Dekorasi cincin juga bisa digunakan untuk kotak kado, kotak pernikahan, hingga panjang pintu depan. Harganya juga cukup terjangkau dibandingkan cincin akar rotan hias.

Cincin kelapa ini bisa dibanderol mulai dari Rp 9.000 hingga puluhan ribu rupiah. Selain karena bentuknya yang cantik, berbagai hiasan berbahan sabut juga harganya relatif murah.

 

keterampilan sabut kelapa

Beberapa kerajinan yang terbuat dari kelapa mahal

Selain kelima kerajinan yang estetis, fungsional, dan murah di atas, ternyata ada kerajinan yang dapat digolongkan sebagai produk mahal.

Beberapa kerajinan ini juga tergolong produk besar, seperti jok mobil, sofa dan kasur. Selain itu, sebagian besar produk kelapa ini juga diekspor ke China.

Sebab, perajin hanya bisa meraih omzet hingga miliaran rupiah dengan kelapa. Omzet yang dihasilkan memang bisa melebihi ekspektasi, karena produk kelapa perajin Indonesia memiliki kualitas terbaik.

Itulah beberapa kerajinan kelapa yang estetis dan fungsional. Selain dapat digunakan sendiri, juga dapat digunakan sebagai lahan komersial, terutama bagi yang menyukai gaya vintage dan rustic.

Anda bisa menjual kerajinan sabut kelapa yang berbentuk seperti hiasan. Sebut saja membangun bisnis kontainer dari kelapa, karena tren ini sedang diincar oleh pasangan muda.

Bahan baku dalam kelapa juga mudah ditemukan dan murah. Jadi Anda membeli bahan pelengkap lainnya dan menunjukkan kreativitas Anda.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*