Macam-macam Penyakit Pada Bebek

Penyakit-penyakit yang menyerang bebek peking khususnya bisa membuat para peternak mengalami kerugian yang cukup besar, karena membuat bebek-bebek tersebut mati dengan mendadak.

Peternak harus melakukan berbagai cara pencegahannya, yaitu dengan cara menjaga kesehatannya dan kebersihan lingkungan kandang dan cara-cara tersebut akan menjadi pencegahaan saja.

Jenis-jenis penyakit yang biasa menyerang pada bebek antara lain:

  • Stres, penyebabnya bisa berbagai macam faktor pengganggu yang secara langsung atau adanya keramaian dan kurangnya gerak bebas pada bebek, karena tidak ada obat untuk mengatasi stres jadi para peternak harus menghindarkannya. 
  • Rickets Duck, jenis penyakit tulang yang bisa membuat bebek lumpuh disebabkan kurangnya Vitamin D, Kalsium, Mineral dan Kekurangan Fosfor pada bebek dan untuk pencegahannya harus memenuhi nutrisi-nutrisi tersebut..
  • Kolera, penyakit yang disebabkan oleh bakteri Pasteurella Avicia disebabkan oleh kandang yang lembab dan menyerang anak bebek berusia 4 minggu dengan angka kematian hingga 50% lebih daripada bebek dewasa.
  • Mata Putih, biasanya menyerang bebek dalam segala umur dan disebabkan oleh virus dan tingkat penyebarannya sangat mudah apalagi jika kekurangan Vitamin.
  • Coccidiosis Bebek, akan menyerang sistem pencernaan dan membuat bebek menjadi berak darah yang disebabkan oleh parasit protozoa serta akan membuat berat badan semakin menurun.

Pencegahan penyakit-penyakit di atas, yaitu bisa dengan cara memperbaiki tata cara pemeliharaan dan pemberian antibiotik untuk memperkuat antibodi serta memperhatikan jenis pakan.

Faktor penyebaran virus ini adalah kondisi kandang lembab atau permukaan tanah yang basah, lalu pencegahan nya dengan memberikan antibiotik pada pakan dan minumnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*