Macam-macam sandi yang digunakan anak pramuka

Anak pramuka sudah tidak asing dengan sandi, karena merupakan rangkaian dari kegiatan pramuka yang bermanfaat untuk melatih daya ingat, kecerdasan, ketelitian dan konsentrasi. Penggunaan sandi juga di sesuaikan dengan golongan yaitu golongan pramuka seperti siaga, penegak, penggalang, dan pandega.

Ada berbagai jenis sandi, yang dimulai dari sandi yang sederhana hingga ketingkatan yang sulit. Berikut ini sandi yang sering digunakan oleh anak pramuka;

Morse

Sandi Morse adalah sandi yang digagas oleh Samuel Finley Breese Morse ini sudah biasa digunakan di berbagai sudut dunia. Sandi Morse digunakan ketika si pemberi dan si penerima berita berada di tempat yang berbeda. Caranya melalui bunyi (bunyi pendek disimbolkan dengan titik dan bunyi panjang disimbolkan dengan garis) yang dikirimkan oleh si pembuat berita berdasarkan aturan sesuai hurufnya.

1

Semaphore

Sandi ini identik dengan menggunakan bendera warna merah-kuningnya, Huruf-huruf yang harus diterjemahkan oleh si penerima berita diaplikasikan melalui bendera berdasarkan gerakan-gerakan tertentu.

Koordinat

Sandi ini menggunakan dua buah kunci untuk menentukan koordinat huruf setelah dipertemukannya dua buah huruf kunci dalam satu titik. Kunci pada sandi koordinat tersebut ditentukan oleh si pembuat berita dimana setiap kunci merupakan dua buah kata yang terdiri dari lima buah huruf per katanya.

Angka

Sandi Angka dapat digunakan denngan cara huruf yang ingin diterjemahkan diubah terlebih dahulu ke nomor nomor yang sudah di sesuaikan dari A sampai Z. Anda mungkin dapat menggunakannya karena sandi ini cukup mudah

Rumput

Yang terakhir merupakan sandi rumput, sesuai dengan namanya sandi rumput ini ditulis menyerupai rumput yang tulisannya diterjemahkan membentuk huruf.

Untuk mencari atribut pramuka atau baju pramuka Anda mungkin dapat mengunjungi situs distropramuka.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*