Makanan Penggemuk Kambing Serta Tips Penggemukan Kambing

Makanan Penggemuk Kambing

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang makanan penggemuk kambing serta tips penggemukan kambing.

Makanan Penggemuk Kambing

1. Pakan Hijauan

Hijauan pakan bisa berbentuk rumput fresh, dapat pula rumput yang sudah diberi perlakuan ataupun pengolahan lebih lanjut, misalnya diolah jadi silase. Periset dari Asosiasi Pakar Nutrisi serta Pakan Indonesia( AINI) Sri Suhartini mencontohkan sebagian rumput yang dapat digunakan selaku hijauan pakan misalnya rodhes( Chhloris goyana kunt), rumput Guinea( Panicum maximum), rumput Australia( Paspalum dilatatum poiret), rumput gajah( Pennisetum purpureum schumach), rumput raja( Pennisetum purpurhoides), rumput Sudan( Imperata cilindrica), serta rumput luas. Jenis tumbuhan legum dapat pula ditambahkan semacam kaliandra, gamal serta lamtoro.

Sebelum mengolahnya hijauan bisa dijajah terlebih dahulu menggunakan mesin pencacah rumput dan bisa dicampur dengan sekam yang sudah digiling dengan mesin giling sekam.

2. Pakan Konsentrat

Ada pula buat pakan konsentrat bagi ruminansia, antara lain dapat berasal dari biji- bijan serta limbahnya semacam jagung, gandum, sorgum, gaplek, padi, dedak. Limbah agro industri pula dapat jadi sumber bahan pakan konsentrat, semacam bungkil kedelai, bungkil kacang, bungkil inti sawit, bungkil kelapa, whey, tepung ikang, telung tulang, limbah industri minyak sawit, molases, serta lain- lain. Konsentrat buat kambing biasanya mempunyai isi serat kasar kurang dari 18%, serta gampang di cerna.

3. Pakan Suplemen

Buat pakan suplemen, diperlukan sedikit saja sebab ialah sumber mikronutrien semacam mineral, vit, serta asam amino. Pakan suplemen diberikan dalam wujud premix.

4. Pakan Tambahan

Sebaliknya pakan bonus, ialah pakan aditif yang dapat berbentuk bahan natural ataupun buatan, misalnya probiotik, enzim, anti jamur ataupun antibiotik.

Tips Penggemukan Kambing

1. Tempat ataupun Lokasi

Terdapat sebagian aspek yang wajib Kamu perhatikan dalam memastikan tempat penggemukan kambing. Pastikan tempat dalam keadaan teduh/ tidak terserang matahari langsung. Namun masih terdapat cahaya matahari sedikit yang masuk ke kandang.

Perputaran udara yang mudah. Sehingga hewan ternak Kamu senantiasa menemukan pasokan hawa yang fresh. Jaga atmosfer senantiasa tenang, upayakan posisi jauh dari suara bising, keramaian serta hal- hal yang bisa membuat hewan ternak jadi stress

Jaga keadaan area senantiasa bersih, dengan bersihnya area hendak membagikan akibat positif pada hewan ternak kambing Kamu.

2. Kandang

Kandang merupakan aspek berarti dalam melaksanakan usaha penggemukan kambing. Sebab kandang jadi tempat tinggal kambing tiap harinya. Kandang kambing mempunyai sebagian standar kelayakan yang wajib dicermati supaya tidak terjadi kesalahan parah dalam pemeliharaan ternak kambing.

Kandang kambing sebaiknya berupa panggung, memiliki penampungan feses, memiliki penampungan kemih, terdapat tempat buat meletakkan pakan serta air minum. Bila seluruh sistem kandang tersebut diterapkan dengan benar maka bakal mempunyai khasiat. Terdapatnya penampungan feses serta urin nantinya dapat dijadikan pupuk organik yang murah tetapi dengan mutu yang tak kalah dengan pupuk kimia. Peletakan tempat makan serta air minum yang baik bakal mempermudah pemberian pakan pada kambing.

Ukuran kandang dalam penggemukan kambing sebaiknya membiasakan dengan jumlah kambing yang hendak Kamu ternakkan. Misalnya bila Kamu memelihara 10 ekor kambing maka diperlukan kandang dengan dimensi 3 mx 1, 5m dengan lebar dibagi 2, bagian luar serta dalam ataupun buat tempat makan serta tempat minum.

3. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit merupakan salah satu aspek yang tidak kalah pentingnya dalam penggemukan kambing.Saat pemilihan bibit sebaiknya Kamu jalani dengan benar. Sebab hendak mempengaruhi terhadap proses penggemukan kambing. Semakin unggul bibit yang Kamu seleksi semakin besar pula keuntungan dalam berhasilnya proses penggemukan kambing.

5. Pemeliharaan

Proses pemeliharaan penggemukan kambing merupakan proses yang sangat lama. Tetapi lebih lama bila Kamu memelihara ternak kambing biasa. Proses pemeliharaan yang benar bakal menaikkan penggemukan kambing secara cepat.

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*