Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil berikut ini sangat penting dan harus Anda ketahui.

Indonesia sebagai negara tropis, banyak ditumbuhi banyak pepohonan, tak terkecuali pohon kelapa.

Hampir semua bagian pada pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Salah satunya yaitu buah kelapa.

Berdasarkan tujuan pemanfaatannya, buah kelapa dibedakan menjadi 2, yaitu buah kelapa tua, dan buah kelapa yang masih muda.

Jika kelapa tua dimanfaatkan untuk membuat santan dan minyak kelapa, lain halnya dengan kelapa muda yang biasanya dijadikan sebagai bahan minuman segar atau bahan makanan penutup (dessert).

Kelapa muda memiliki daging yang lembut,manis dan air yang segar. Oleh sebab itu, banyak orang yang menggemari minuman dari buah yang satu ini.

Tentu saja, sumber cairan yang paling menyehatkan adalah air mineral. Namun, jika Anda bosan, air kelapa bisa menjadi pilihan yang sehat.

Air kelapa muda hanya mengandung sedikit kalori dan gula. Oleh karena itu, jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup tidak akan menimbulkan masalah seperti peningkatan kadar gula darah dan kolesterol.

Banyak yang menganggap bahwa air kelapa muda hanya dimanfaatkan sebagai minuman pencegah dehidrasi.

Namun, tahukah Anda air kelapa muda memiliki banyak kandungan di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita?.

Di antaranya yaitu sebagai pengganti cairan tubuh, membantu menurunkan kadar gula darah, mencegah penyakit jantung, mencegah penyakit batu ginjal, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lagi.

Kali ini akan kita ulas bersama kandungan apa saja yang ada di air kelapa muda.

Kandungan Air Kelapa Muda

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil
Air Kelapa Muda

Terdapat banyak nutrisi yang terkandung di dalam air kelapa muda. Dalam 250 ml air kelapa muda mengandung:45,6 Kalori

  • 0,4 gram Lemak
  • 0 Kolesterol
  • 252 mg Natrium atau 11% dari kebutuhan harian tubuh
  • 600 mg Kalium atau 17% dari kebutuhan harian tubuh
  • 8,8 gram Karbohidrat atau 3% dari kebutuhan harian tubuh
  • 2,6 gram Serat
  • 6,3 gram Gula
  • 1,8 gram Protein
  • 10% Vitamin C dari kebutuhan harian tubuh
  • 6% Kalsium dari kebutuhan harian tubuh
  • 4% Zat besi dari kebutuhan harian tubuh

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi air kelapa muda saat dalam masa kehamilan dipercaya dapat memberikan bayak manfaat bagi kesehatan ibu dan janin. Berikut ini manfaat-manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil:

1. Menjernihkan Air Ketuban

Selama kehamilan, bayi akan menelan cairan ketuban dan mengeluarkannya sebagai urin, lalu menelannya kembali untuk menjaga volume cairan ketuban agar tetap stabil.

Namun, jika cairan ketuban yang keruh tertelan, bayi akan mengalami sindrom aspirasi mekonium, yang dapat menyebabkan infeksi, penyakit pernapasan, bahkan kematian.

Hal ini bisa dicegah dengan minum air kelapa muda. Air kelapa muda diketahui mengandung elektrolit dan antioksidan yang dapat menyerap lendir dan kotoran pada cairan ketuban agar tetap bersih.

2. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Perubahan hormonal dan perkembangan rahim dapat memberikan tekanan pada kandung kemih sehingga menimbulkan masalah infeksi.

Hal ini terjadi karena urine tidak bisa keluar seluruhnya, sehingga saluran kandung kemih menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Air kelapa muda merupakan nutrisi alami yang dapat membantu membersihkan saluran dan kandung kemih. Sehingga urine bisa dikeluarkan dengan lancar.

3. Menambah Energi

Air kelapa muda mengandung mineral terbaik seperti di antaranya kalium, kalsium, dan klorida yang bisa menambah energi pada ibu hamil.

Selain itu, air kelapa muda juga mengandung elektrolit alami yang tinggi, serat, mangan, vitamin C dan riboflavin.

4. Mencegah Dehidrasi

Saat mengalami morning sickness selama kehamilan, Anda seringkali kehilangan elektrolit alami pada tubuh sehingga merasa dehidrasi.

Tahukah Anda? dehidrasi pada saat kehamilan bisa membahayakan janin. Di saat seperti ini, Anda bisa mengandalkan air kelapa muda untuk menggantikan elektrolit tubuh dan mencegah dehidrasi.

Anda dapat meminum air kelapa muda dua kali sehari untuk menambah cairan tubuh dan menjaga sistem pencernaan.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air kelapa mengandung asam laurat yang memiliki fungsi sebagai anti virus, anti jamur dan anti bakteri serta membantu tubuh manusia melawan berbagai penyakit. Kandungan asam laurat ini juga dapat kita temukan pada minyak kelapa.

6. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kebanyakan ibu hamil sering mengalami pegal dan nyeri pada tubuh mereka. Hal ini disebabakan karena sirkulasi darah yang tidak normal.

Sirkulasi darah yang tidak normal dapat berbahaya bagi janin. Karena hal ini menyebabkan suplai oksigen bagi janin menjadi berkurang.

Kandungan kalium dan magnesium pada air kelapa muda dapat membantu memompa darah dari jantung ke organ tubuh lainnya.

Alhasil, peredaran darah menjadi lebih lancar, dan rasa nyeri saat hamil bisa dihilangkan.

7. Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sembelit merupakan gejala umum ibu hamil. Jika tidak segera ditangani, kotoran bisa menumpuk di organ pencernaan dan menyebabkan penyakit.

Air kelapa muda bisa mengubah asam larut menjadi monolarium, yang merupakan obat antivirus melawan bakteri pencernaan.

Sehingga air kelapa muda bisa dimanfaatkan sebagai antibiotik alami untuk melawan bakteri di dalam organ pencernaan.

8. Menjaga Berat Badan Sehat

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu untuk menjaga berat badan. Air kelapa muda dapat dikonsumsi untuk menggantikan minuman lain yang memiliki kadar gula tinggi.

Selain lebih alami, air kelapa muda juga rendah kalori dan tidak mengandung lemak, sehingga dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat dan mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh.

9. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Air kelapa muda memiliki kandungan kolesterol baik yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Berbagai manfaat air kelapa yang disebutkan di atas hanya dapat diperoleh jika ibu meminum air kelapa muda segar sebagai pengganti minuman segar buatan.

10. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Menurut penelitian, orang yang menderita tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang lebih rendah dalam tubuhnya.

Oleh karena itu, air kelapa muda yang secara alami mengandung kalium dapat membantu mengatur tekanan darah.

Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa air kelapa muda dapat membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik dan baik untuk kesehatan jantung.

Inilah mengapa air kelapa muda dapat membantu ibu agar terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Meskipun bermanfaat, jangan sampai air kelapa muda diminum dan tidak diimbangi dengan air putih. Namun, asupan cairan yang cukup tetap diperlukan selama kehamilan.

Dengan semakin banyaknya peminat kelapa muda, banyak petani yang memulai untuk membudidayakan kelapa hibrida. Kelapa hibrida memiliki keunggulan masa panennya yang lebih cepat dibandingkan dengan pohon kelapa pada umumnya.

Demikian tadi informasi mengenai kandungan dan manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil. Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat menemukannya di sini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*