Manfaat Gula Merah Bagi Tubuh Kita

Manfaat Gula Merah

Selain gula pasir, ada juga gula lain yang bisa digunakan untuk pemanis, salah satunya yaitu gula merah. Gula merah bukan hanya untuk pemanis atau pelengkap masakan saja, melainkan juga memiliki manfaat bagi tubuh kita.

Manfaat Gula Merah

Manfaat Gula Merah

Rasa manis dari makanan dan minuman biasanya bisa didapatkan dari gula pasir. Nah, ada dua jenis pemanis yang biasa dikonsumsi yaitu gula putih yang sering disebut dengan gula pasir, dan gula merah yang dikenal dengan istilah gula aren atau brown sugar.

Meski sama-sama lucu, bahan dan bahannya berbeda. Gula putih dibuat dari sari tebu dan memiliki kalori lebih banyak daripada gula merah. Sedangkan gula merah biasanya dibuat dari nira, cairan yang berasal dari bunga palma atau pohon aren seperti kelapa, aren, dan aren.

Dari segi kandungan kalorinya memang lebih sedikit. Tentunya gula merah juga dianggap lebih sehat dari pada gula pasir. Gula merah dapat digunakan sebagai penambah rasa pada makanan dan minuman. Namun tahukah kalian,  manfaat gula pasir  yang lain yang sangat bagus bagi penyakit maag lho.

Bukan hanya sebagai pemanis alami yang menyehatkan tubuh, gula merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Salah satunya, gula merah, dapat digunakan sebagai penambah tenaga dan daya tahan tubuh.

Ini karena gula merah mengandung nutrisi esensial vitamin C, kalium, fosfor, kalsium, seng, besi, tembaga, berbagai fitonutrien, polifenol, flavonoid, dan antosianidin. Sambil membaca manfaat gula merah lebih enak lagi jika ditemani oleh arum manis yang dibuat sendiri menggunakan mesin arum manis.

Selain itu, gula merah dipercaya mengandung sejumlah nutrisi lain berupa vitamin B inositol yang dapat membantu perasaan dan memperkuat tubuh sehingga kekebalan dapat ditingkatkan. Ada pula manfaat air putih dicampur gula pasir loh.

Gula merah memiliki sejumlah khasiat yang baik untuk wanita dan pria, mulai dari mengobati kram menstruasi hingga meningkatkan kualitas sperma. Berikut manfaat gula merah:

1. Menurunkan Berat Badan

Gula memiliki kadar potasium yang tinggi yang membantu meningkatkan metabolisme, mempertahankan keseimbangan elektrolit dalam tubuh, dan juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh sehingga Anda dapat membakar lebih banyak kalori.

2. Membersihkan darah

Gula merah memiliki efek menguntungkan pada darah dengan memurnikan dan membersihkan darah, ketika dikonsumsi secara teratur. Gula merah juga meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Mengobati Masalah menstruasi

Gula merah pengobatan alami yang efektif untuk banyak masalah menstruasi. Termasuk meringankan efek kram menstruasi dan sakit perut.

4. Mencegah anemia

Apakah Anda tahu bahwa gula merah dapat membantu mencegah anemia? Gula merah kaya zat besi dan folat yang membantu mencegah anemia dengan mempertahankan kadar normal sel darah merah.

5. Mencegah Gangguan Sistem saraf

Gula merah mengandung banyak sifat alami yang membantu kelancaran fungsi sistem saraf. Ini juga membantu mencegah masalah utama yang terkait dengan sistem saraf.

6. Mencegah Masalah pernafasan

Mengonsumsi gula merah secara teratur dapat membantu mencegah masalah pernapasan seperti asma dan bronkitis. Pakar kesehatan menyarankan menggabungkan gula merah dengan biji wijen untuk manfaat yang maksimal bagi pernapasan.

7. Kaya Antioksidan

Gula merah dikemas dengan antioksidan, terutama selenium yang membantu mencegah berbagai efek radikal bebas. Mencampur gula merah dengan teh atau air hangat akan mengobati pilek dan batuk serta akan menyembuhkan migrain dan sakit kepala.

8. Meredakan Nyeri Sendi

Jika Anda menderita nyeri sendi, makanlah gula merah. Para ahli menyarankan bahwa mengonsumsi gula merah dengan sepotong jahe membantu meringankan nyeri sendi. Juga, minum segelas susu hangat dengan satu sendok makan gula merah, maka dapat memperkuat tulang dan menjauhkan masalah kesehatan tulang.

9. Membantu Masalah Kencing

Gula merah adalah diuretik alami dan membantu dalam merangsang buang air kecil, yang sebenarnya bagus untuk orang yang mengalami kesulitan dalam buang air kecil. Para ahli merekomendasikan untuk meminum gula merah dengan susu panas untuk mengobati masalah kencing dan ini akan meningkatkan aliran urin.

10. Meningkatkan Kualitas sperma

Mengonsumsi gula merah dicampur dengan bubuk amla dapat membantu dalam meningkatkan kualitas sperma. Gula merah dikenal dapat meningkatkan produksi sperma dan juga membantu dalam mengurangi kelemahan tubuh dan mencegah masalah kencing pada pria.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*