Manfaat Kelapa Muda Bakar

Manfaat kelapa muda memang banyak sekali bagi kesehatan kita. Namun, kelapa muda jika di bakar juga bisa lho, dan menghasilkan khasiat tersendiri bagi kesehatan tubuh kita. Ini dia manfaat kelapa muda bakar yang mungkin belum kalian ketahui. Yuk kita simak bersama!

Kelapa Muda Bakar

Buah kelapa atau Cocos nucifera mengandung begitu banyak nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh. Satu cangkir air kelapa mengandung:

  • Kalori: 46
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 2 gram
  • Vitamin C: 10% dari asupan kebutuhan harian
  • Magnesium: 15% dari asupan kebutuhan harian
  • Mangan: 17% dari asupan kebutuhan harian
  • Natrium: 11% dari asupan kebutuhan harian

Baca Juga : serat kelapa dan manfaatnya

Kandungan kalium dalam air dan buah kelapa dapat mengontrol tekanan darah, melancarkan peredaran darah serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung. Selain itu, sebuah riset membuktikan efektivitas air kelapa dalam melarutkan batu ginjal.Sayangnya, khasiat buah kelapa ini baru teruji secara ilmiah pada kelapa segar, bukan kelapa yang sudah dibakar. Hingga hari ini, belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan manfaat kelapa bakar bagi kesehatan.

7 Manfaat Kelapa Muda Bakar

Buah kelapa muda yang belum di bakar juga memiliki banyak manfaat lho. Di minum ataupun di makan dagingnya pasti segar sekali saat siang hari. Namun, walaupun sudah di bakar buahnya. Pasti tetap mantap dan memili khasiat tersendiri lho. Berikut manfaat kelapa muda bakar :

1. Mengganti cairan tubuh yang hilang

Manfaat kelapa yang pertama adalah mengganti cairan tubuh yang hilang. Air kelapa dapat berperan menjadi cairan isotonik alami, dan pengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga maupun diare. Minumlah air kelapa, terutama air kelapa muda dalam jumlah banyak untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

2. Menurunkan tekanan darah

Air kelapa juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah risiko terkena penyakit stroke dan kanker. Selain itu, kandungan kalium tinggi dan natrium rendah dalam air kelapa juga mencegah risiko terjadinya penyakit kardiovaskular tersebut.

3. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam kelapa bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.

4. Mengatasi diabetes

Manfaat kelapa selanjutnya yaitu mengatasi diabetes. Air buah ini membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan membantu penyerapan gula darah dalam tubuh.

5. Menjadi obat kumur alami

Air kelapa yang mengandung zat antiseptik juga bermanfaat sebagai obat kumur alami serta mencegah terjadinya peradangan di area mulut.

Baca juga : 5 Cara Budidaya Ulat Sutra Emas yang Mudah untuk Anda

6. Membantu menurunkan berat badan

Minyak yang diekstrak dari kelapa disebut efektif mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak perut. Minyak kelapa dapat jadi alternatif minyak yang digunakan untuk memasak makanan diet Anda.

7. Mencegah batu ginjal

Sebuah penelitian menyebut, air kelapa mampu melarutkan batu ginjal, dan mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urine. Air kelapa pun dapat mencegah terjadinya berbagai komplikasi akibat penyakit batu ginjal.

Nah itu dia sedikit pembahasan tentang manfaat kelapa muda bakar yang mungkin belum kalian ketahui. Tidak hanya kelapa muda saja lho yang bisa di manfaatkan. Buah kelapa tua juga masih bisa di manfaatkan sabutnya dan di olah menggunakan mesin pemintal tali sabut kelapa. Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat menambah wawasan dan ilmu kita semua. Sekian Terima Kasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*