Manfaat Pohon Bambu Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Pohon Bambu

Assalamualaikum temen temen, kembali lagi disini. Jadi, kali ini kita akan membahas mengenai apa saja Manfaat Pohon Bambu. Untuk lebih jelas dan lebih lengkapnya, Yuk simak penjelasan di bawah ini dengan seksama dan jangan sampai ada yang terlewat ya.

Pengertian Bambu

Pengertian bambu adalah tumbuhan yang lebar dan berlubang pada batang yang merupakan anggota rerumputan atau rerumputan. Tumbuhan ini memiliki banyak spesies atau tipe.

Bambu adalah tanaman berbunga cemara di subfamili Bambusoideae, yang termasuk dalam keluarga Poaceae. Nama lain untuk bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini, bambu merupakan salah satu tanaman yang tumbuh paling cepat.

Bambu bagi masyarakat Indonesia merupakan sesuatu yang menyatu dalam segala aspek kehidupan. Keberadaan tumbuhan ini bahkan telah menjadi identitas budaya masyarakat, seperti di Toraja dan di beberapa wilayah adat nusantara.

Padahal, bambu merupakan jenis tumbuhan rerumputan dengan rongga dan simpul pada batangnya. Jenisnya banyak dan semuanya umum di seluruh wilayah Indonesia.

Tumbuhan ini tergolong dalam lebih dari 10 marga, salah satunya sering dari marga Bambusa. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Selama Zaman Kapur, tanaman ini tumbuh secara masif di Asia.

Manfaat Pohon Bambu

Selain bisa digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari seperti membangun dan membuat berbagai kerajinan tangan, berikut 5 manfaat bambu yang menakjubkan.

1. Mencegah Erosi

Bambu dapat ditanam disekitar sungai atau pegunungan karena tanaman ini sangat efektif dalam memperbaiki batas sungai dan sungai. Akarnya yang berserat dapat menstabilkan tanah dan mencegah erosi.

2. Meningkatkan Cadangan Air

Sistem ini tidak hanya dapat mencegah erosi, tetapi juga berfungsi sebagai pengendali cadangan air. Ini karena memiliki kemampuan menghemat air. Batangnya merupakan kapiler yang dapat menyedot dan menahan air.

Namun, tidak semua varietas bambu cocok untuk ditanam di hulu dan di tepi sungai. Spesies berbeda yang cocok di dua wilayah tersebut antara lain Bambusa vulgaris (Bambu Ampel), Bambusa vulgaris var (Bambu Apel Kuning), Loleba (Neolaba atra) dan sebagainya.

3. Dapat Menghilangkan Bau Tak Sedap

Arang bambu ternyata sangat keropos dan bisa menampung banyak bakteri penyebab bau tak sedap. Bahkan banyak barang disekitar kita seperti sol sepatu, dodoran, sprei, sprei, sprei, kaos kaki, kaos dan arang bambu yang bisa digunakan sebagai pengganti parfum.

4. Bahan Dasar Produk Organik

Saat ini banyak sekali produk organik yang kaya akan manfaat dari tanaman ini, terutama yang paling terkenal adalah kain. Produk berbahan bahan ini banyak diminati konsumen karena dikenal ramah lingkungan.

Kain yang terbuat dari bahan tumbuhan ini dikenal sangat ringan, antibakteri dan non alergen karena memiliki serat halus yang berbeda dengan wool atau rami. Hal ini membuat produk organik yang terbuat dari tumbuhan ini, terutama zatnya, sangat aman untuk kulit.

5. Penyerap Karbon Terbaik

Tanaman ini dapat menyerap karbondioksida dan melepaskan 30 persen lebih banyak oksigen ke atmosfer dibandingkan pohon lain. Ini membuat tanaman ini ideal untuk menyerap gas rumah kaca. Juga pandai memproduksi oksigen segar bagi masyarakat sekitar.

Selain manfaat di atas, bambu juga dapat dibuat menjadi sebuah kerajinan. Bukan hanya dari bambu, ada juga kerajinan dari tali rafia, dari kelapa dan masih banyak lagi jenisnya.

Tali sabut kelapa adalah salah satu kerajinan dari sabut kelapa yang dipintal menggunakan mesin pemintal tali sabut kelapa. Demikian penjelasan mengenai apa saja Manfaat Pohon Bambu. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*