Melatih Otak Supaya Makin Encer

Siapa sih yang tidak mau memiliki otak yang encer? Dengan memiliki kemampuan berpikir di atas rata-rata, seolah hidup terasa lebih nikmat. Mengerjakan soal saat ujian tidak lagi menjadi momok. Ketika ditunjuk guru untuk menjawab soal pun rasanya percaya diri. Ada teman yang kurang paham materi? Tenang, silakan bertanya. Ah, betapa indahnya memiliki otak yang pintar.

Untuk dapat memilikinya, ternyata ada beberapa hal yang bisa dilakukan loh. Ada cara melatih otak yang bisa dilakukan dan mungkin terdengar sepele padahal dapat sangat membantu. Penasaran apa saja caranya? Silakan coba saja beberapa tips berikut ini.

Ajak Otak Bermain Game

Bermain game tentu menyenangkan untuk dilakukan. Karenanya, bermain game menjadi salah satu cara melatih otak yang paling menyenangkan untuk dilakukan. Cobalah untuk memainkan game yang menuntut kamu untuk berpikir keras dalam menyelesaikannya misalnya permainan catur. Bisa juga kamu coba memainkan permainan strategi seperti civilization atau football manager. Game-game tersebut menuntut kemampuan analisis yang bagus untuk mendapatkan hasil maksimal. Otak kamu dituntut untuk bekerja keras ketika memainkannya.

Kerjakan Soal-soal Peikotes

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mengerjakan soal-soal psikotes. Soal-soal tersebut mungkin terlihat remeh dan mudah saja mengerjakannya. Namun, cobalah untuk mengerjakannya dan lihat nanti hasilnya. Soal-soal tersebut banyak sekali yang menjebak. Nah, mengerjakan soal-soal dari psikotes dapat membantumu mengasah kemampuan otakmu.

Makan-makanan Bergizi

Hal yang juga perlu diperhatikan adalah makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhmu. Berlatih memang penting tetapi jangan lupa bahwa otakmu membutuhkan energi untuk bekerja. Karenanya, perhatikan apa yang kamu konsumsi. Makanlah buah-buahan dan juga sayuran selain tentunya daging serta karbohidrat. Berikan perhatian apakah yang masuk ke tubuhmu seimbang apa tidak. Jangan terlalu banyak dan jangan kekurangan.

Hindari Aktivitas yang Kurang Sehat

Selain berlatih dan mengonsumsi makanan serta minuman yang sehat, kamu juga perlu memperhatikan aktivitasmu. Kurangi kegiatan yang kurang baik seperti begadang tanpa ada keperluan khusus, tidak sarapan, dan perilaku kurang sehat lainnya.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak. Selamat mencoba dan mudah-mudahan bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*