Memanfaatkan Sabut Kelapa Jadi Sapu

Pembuatan Sabut Kelapa Jadi Sapu

Sabut kelapa saat ini bisa dijadikan beberapa kerajinan dan bisa menjadi bisnis. Beberapa bisnis dari sabut kelapa ialah jual sapu dari sabut, jual cocomesh, bisnis cocopot dan lainnya lagi. Penggalakan bisnis ini karena untuk membuat lapangan pekerjaan baru, dan alasan lain mengurangi limbah.

Manfaat Sabut Kelapa

1

1. Sebagai Bahan Bakar

Sabut kelapa memiliki sifat yang mudah terbakar, sehingga banyak digunakan sebagai bahan bakar. Contohnya adalah bahan bakar yang digunakan untuk pembuatan arang tempurung kelapa, pengganti bahan bakar kayu di rumah tangga pribadi, di restoran tradisional di kota besar yang menggunakan kompor tradisional, dan di industri keramik dan ubin.

2. Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Kelapa-kelapa telah lama banyak digunakan sebagai bahan baku produksi berbagai kerajinan tangan, baik berupa peralatan rumah tangga seperti sapu dan keset, kebutuhan sehari-hari seperti tas dan dompet, pajangan dan dekorasi, serta tempat tidur bulu, bantal, karpet, jok, dashboard kendaraan dll serta lain-lain.

3. Menetralkan Bau Air dan Biji

Di kolam yang baru dibangun, bau semen bercampur air bisa menyebabkan ikan mati. Kelapa kelapa bisa digunakan untuk mengatasi bau tak sedap ini. Selain itu, kelapa juga dapat menetralkan kandungan air pada kolam yang baru dibuat.

4. Sebagai Komponen Filter Air Sederhana

Struktur kelapa-kelapa berserat dapat digunakan untuk membantu proses penyaringan air. Kelapa kelapa yang sudah dibuang dari tempurungnya digunakan. Air yang melewati penyaring tempurung kelapa disaring dari sampah atau kotoran. Proses penyaringan harus dilakukan berulang kali agar air benar-benar jernih dan bersih.

5. Produksi Pupuk Organik

Siapa sangka ternyata dengan menggunakan kelapa dapat diolah menjadi kelapa dan dijadikan salah satu jenis pupuk organik. Pupuk organik yang terbuat dari batok kelapa ini dapat menyerap air hingga 60 persen lebih banyak daripada pupuk lainnya. Hal ini tentunya sangat berguna untuk daerah yang curah hujannya sedikit atau daerah yang sering terjadi kekeringan.

Selain itu buah kelapa mengandung nutrisi dan mineral kelapa yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. Hal ini membuatnya sangat cocok sebagai bahan pembuatan pupuk organik.

6. Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Selain batu bara, batok kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan briket. Keunggulan briket kelapa ini adalah ramah lingkungan dan juga biaya produksi yang rendah sehingga harga jualnya lebih murah.

Briket berbahan dasar batok kelapa ini memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan dan menekan biaya produksi. Pasalnya, biaya produksi briket kelapa jauh lebih murah dibandingkan biaya pembuatan briket batubara. 

Proses Pembuatan Sapu

Proses pembuatan sapu cukup lama. Untuk membuat kelapa yang baik, batok kelapa direndam dalam air selama kurang lebih dua minggu.

Kemudian dipukul dengan palu agar air menembus kulit buah. Setelah itu, operasi pemogokan dilakukan dengan palu kayu hingga halus. Kelapa halus tersebut dikeringkan hingga kandungan airnya minimal.Untuk satu sapu hanya dibutuhkan 1-2 batok kelapa tua. Kulit kepala diolah untuk menelan kelapa.

Menjalankan bisnis kelapa-kelapa memang tidak mudah. Banyak sekali persiapan yang perlu dilakukan mengingat kelapa melibatkan banyak pihak.

Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Sapu

  1. Cari tahu tentang pemasok kelapa kelapa. Anda bisa menemukan petani kelapa atau pusat pengolahan minyak kelapa dan mengubahnya menjadi pemasok kelapa. Anda juga bisa memesan dari penjual kelapa pinggir jalan untuk mengumpulkan kelapa.
  2. Jika Anda menyediakan tempat produksi, Anda dapat menggunakan pekarangan atau pekarangan depan sebagai tempat produksi.
  3. Menyediakan alat produksi, alat produksi batok kelapa hanya menggunakan mesin pengurai kelapa.
  4. Carilah pengumpul atau tukang kelapa kelapa. Anda juga bisa mempekerjakan orang untuk menjadi pengrajin kelapa. Jika bisnis kelapa Anda besar, tidak ada salahnya beralih ke Asosiasi Kelapa-Kelapa Indonesia (AISKI) untuk mengekspor kelapa Anda.

Cara Membuat Sabut Kelapa Jadi Sapu

Alat dan bahan:

  • Kelapa terbuat dari 2 butir kelapa
  • bambu atau dahan sepanjang 1 m
  • Tali / tali dari batok kelapa
  • Sepotong kecil bambu dengan panjang 3-4 mm dan panjang 20 cm
  • Tongkat dan landasan
  • Sikat kawat (bisa dibuat dengan paku kecil yang menempel di kayu seperti kuas
  • Pisau / parang dan tas jarum

Cara Membuat Sabut Kelapa Jadi Sapu :

  1. Kocok kelapa (tepes) untuk melihat daging kelapa.
  2. Kelapa yang sudah dikocok, disikat agar serat pendeknya kenduru.
  3. Untaian tali pendek.
  4. Seutas ijuk panjang diikat di ujungnya dengan tali kelapa dengan jumlah kira-kira segenggam jari telunjuk
  5. Masing-masing 1 sapu terdiri dari 4 umbi kelapa terpisah dan 1 ikat kelapa yang dipasang langsung di ujung sapu.
  6. Tempelkan bambu kecil pada simpul kelapa di ujung batang seperti pundak (pundak)
  7. Pasang empat ikat kelapa di bahu kanan dan kiri dengan masing-masing 2 ikatan
  8. Ikat ujung bagian kelapa. Dan sapu siap digunakan.

Beginilah cara membuat sabut kelapa jadi sapu. Silakan mencoba dan semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*