Mengetahui Komponen Penting Yang Ada Pada Hepa Filter Genose

Tentu di antara sahabat laboratorium sudah benar-benar sering mendengar istilah hepa filter atau filter hepa. Hepa filter umumnya terkandung di alat laboratorium layaknya Bio Safety Cabinet(BSC) ataupun Laminar Air Flow(LAF). Nah kali ini kita dapat membicarakan hepa filter pada alat lainnya.

Pada alat genose atau hidung elektronik untuk screening covid19. Hal ini jadi perlu dikarenakan hepa filter pada alat genose perlu dijalankan penggantian sesudah jalankan uji sample sebanyak 100 kali ataupun kondisi lainnya.

Apa itu Hepa Filter GeNose?

Kepanjangan HEPA adalah High Efficiency Particulate Air. Hepa filter GeNose adalah style filter udara mekanis yang bekerja bersama dengan menyaring udara. Filter ini dapat menolong melindungi kemurnian udara. dapat menyaring partikel-partikel yang benar-benar kecil. Sistem kerja HEPA filter jakarta adalah bersama dengan menyaring udara dan membersihkannya.

 

Mengenal Hepa Filter GeNose

Hepa filter adalah salah satu bagian atau komponen paling penting pada alat GeNose sobat. Hepa filter GeNose ini memiliki wujud yang unik, manfaat nya untuk menyaring udara dari kantong nafas agar dapat masuk ke unit utama GeNose Ujung yang besar dapat membuka ke kantong nafas, dan ujung yang kecil dapat membuka ke main unit.

 

Prosedur Pengunaan HEPA

Hepa Filter digunakan bersama dengan protokol berikut:

-20 kali engambilan sampel nafas, dijalankan Check HEPA pada GeNose AI dashboard (melalui tombol “Check HEPA”).
-100 kali pengambilan sampel nafas, HEPA dan dijalankan perintah Cleaning HEPA.
Pastikan HEPA – GOOD selama proses analisis sample.

 

Prosedur Penggantian HEPA

Berikut adalah prosedur penggantian hepa:

Setelah dijalankan penggantian hepa, jalankan perintah Cleaning HEPA (menu tools- Cleaning Tool).
Tunggu hingga didapatkan hasil HEPA standing GOOD.
Hepa dapat digunakan di dalam kondisi GOOD dan < 100x penggunaan.
Apabila di dapatkan hasil positif atau kelipatan 20 kali penggunaan dijalankan check HEPA lewat program GeNose AI Dashboard.

 

Prosedur Cleaning Tools pada HEPA

Prosedur Cleaning Tools Pada Hepa sebagai berikut:

Flushing 30 menit selanjutnya cek udara lingkungan.
Setelah Kondisi lingkungan safe “GO”. kalau iya, lanjut ke penggunaan Hepa baru dan penggunaan hepa <100 kali. Jika tidak, bersama dengan kondisi lingkungan masih diatas 2700mv silahkan tukar ruangan atau pastikan aliran udara lancar.

Pada penggunaan Hepa baru selanjutnya jalankan cleaning tools selanjutnya mengecek Hepa. Setelah itu melihat kondisi standing hepa. Jika GOOD GeNose ready digunakan. Jika kondisi tidak bagus ulang jalankan proses pembersihan dan pengecekan hepa selanjutnya ulang melihat standing kondisi hepa selanjutnya kalau GOOD GeNose ready digunakan.

Pada penggunaan Hepa < 100 kali setelah itu jalankan cek Hepa selanjutnya melihat standing kondisi hepa. Jika pada saat cek hepa hasilnya ditemukan “NOT GOOD” 3x maka silahkan tukar Hepa baru. Jika GOOD GeNose ready digunakan.

Cara Penggantian HEPA Filter GeNose

Tata Cara Penggantian HEPA filter:

-Buka penutup unit HEPA.
-Lepas HEPA filter dari unit HEPA.
-Cabut selang PU (15 cm) dari plug HEPA filter.
-Siapkan dan gunakan HEPA filter baru ke selang PU lewat konektor PLUG. (Pastikan katup warna ungu pada HEPA filter sudah tertutup bersama dengan baik).
-Masukkan HEPA filter ke di dalam unit HEPA bersama dengan langkah memasukkan selang terlebih dahulu.

-Tutup ulang unit HEPA.

-Lakukan RESET di menu Device – Reset (GeNose Ai Dashboard)
(optional) Lakukan proses pembersihan HEPA filter baru lewat menu Tools – Cleaning tool (GeNose Ai Dashboard)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*