Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk Ketika Dikunyah

Tips Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk

 

Daging Sapi

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang merebus daging sapi agar cepat empuk ketika dikunyah, simak penjelasan tips di bawah ini!

Baca juga: resep bikin kerupuk tepung kanji

Tips merebus daging sapi agar cepat empuk

  1. Balut dengan daun pepaya

Daun papaya sering digunakan untuk membantu melembutkan tekstur daging. Kamu harus memotong daging sapi mentah hingga menjadi bentuk dadu kecil, lalu bungkus daging dengan daun papaya, diamkan selama 15 hingga 30 menit.

2. Dengan teknik 5-30-7

Agar tak boros listrik, daging sapi bisa kamu rebus selama 5 menit saja di dalam air mendidih. Kemudian, diamkan selama 30 menit, lalu lanjutkan rebus daging selama 7 menit. Cara ini dijamin bikin daging sapi empuk dan pastinya irit gas.

3. Daging dipukul

Cara terakhir adalah dengan memotong tipis-tipis daging sapi lalu memukulnya dengan alat pukul daging. Cara lama ini masih efektif membuat daging sapi empuk, apalagi jika sebelumnya daging dilumuri dulu dengan parutan jahe.

 

Bagian daging sapi

  1. Has dalam (Tenderloin)

Daging has dalam atau tenderloin adalah bagian daging sapi yang tertelak pada punggung. Karakteristik bagian daging sapi ini dikenal sangat empuk dan tidak disertai lemak alias kaya akan daging murni.

Jadi, daging has dalam sangat cocok dimasak sebagai masakan apa saja. Namun, bagian ini paling populer dimasak dengan cara dibakar menjadi steak. Karena tak mengandung lemak, daging has dalam cocok banget untuk kamu yang sedang berdiet.

2. Has luar (Sirloin)

Daging has luar atau sirloin juga cukup populer. Tingkat keempukan sirloin memang kalah jika dibandingkan dengan tenderloin, tetapi rasanya tentu tetap enak. Bagian daging sapi ini juga populer dijadikan steak yang mengandung lemak.

Rasa sirloin akan lebih gurih berkat lemak yang ada di sekitar area bagian daging ini. Kamu juga bisa memasaknya sebagai sajian sop, atau dikukus.

3. Iga (Rib)

Bagian daging sapi yang satu ini pasti lebih sering kita masak dengan cara dibakar atau dijadikan sop dengan cita rasa gurih dan asin. Tekstur daging iga sebenarnya cukup lembut di bagian atasnya, namun ada juga bagian di dekat lemak tipis dan otot yang menempel pada bagian tulang yang terasa alot.

Maka dari itu, cara terbaik mengolahnya adalah dengan mempresto atau merebus dengan teknik 5-30-7.

4. Tanjung (Rump)

Tanjung merupakan bagian daging sapi yang terletak di bagian punggung dengan lemak tebal. Daging ini cukup mudah dimasak meskipun dengan cara dibakar sekalipun. Sangat cocok untuk dimasak menjadi hidangan sate, daging tumis, atau sop.

Lemak pada bagian ini juga memberikan rasa gurih yang dijamin semakin membuat lidahmu bergoyang.

5. Sandung lamur (Brisket)

Bagian daging sapi selanjutnya adalah brisket. Tekstur daging ini cukup lembut, kenyal, dan disertai lemak yang cukup tebal atau yang biasa kita sebut dengan tetelan. Di luar negeri, brisket lebihs erring disajikan menjadi steak yang juicy.

Sedangkan untuk hidangan lokal, kamu bisa menjadikannya sebagai bakso, atau memisahkan bagian lemak tetelan dan daging untuk menjadi tumisan.

6. Paha belakang

Paha belakang yang terletak di dekat bokong sapi ini mungkin tidak menjadi favorit sebagian besar konsumen. Sebab dagingnya cenderung tipis dan keras. Sehingga kurang cocok jika dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang.

Untuk mengakalinya, olah bagian ini menjadi sajian masakan dengan kuah atau bumbu yang banyak. Seperti empal, rendang, dendeng, atau dihaluskan lalu dibuat menjadi bakso.

 

Itulah tips merebus daging sapi agar cepat empuk, selamat mencoba.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*