Pakan Ayam dari Cacing Tanah Disertai Cara Penggolahannya

pakan ayam dari cacing tanah

Cacing tanah memang hewan yang mudah ditemui.Namun,siapa sangka hewan tersebut sangat bermanfaat bagi peternak. Berikut adalah penjelasan tentang pakan ayam dari cacing tanah.

Tentang Cacing Tanah

1

Cacing tanah (Lumbricus) adalah hewan invertebrata yang hidup di dalam tanah. Cacing tanah bersifat hermafrodit atau biseksual.

Artinya hewan yang memiliki dua alat kelamin (jantan dan betina) dalam satu tubuh. Namun, untuk bisa membuahi, dua ekor cacing tanah masih harus melakukan ini.

Setelah pembuahan, setiap cacing tanah dapat menghasilkan satu kepompong (telur) yang berisi beberapa telur. Kopulasi dan produksi kokon biasanya berlangsung di musim panas.

Ada sembilan jenis cacing tanah yang banyak diminati untuk dibudidayakan, yaitu: Lumbricus rubellus, Lumbricus terrestris, Eisenia foetida, Allolobophora caliginosa, A. Chlorotica, Pheretima asiatica, Perionyx exavatus, Diplocordia verrucosa, Eudrilus eugeuniae.

Penelitian tentang kandungan nutrisi menunjukkan bahwa cacing tanah kaya akan protein. Selain itu, komposisi kandungan asam amino cacing tanah juga lengkap, tidak kalah kualitatifnya dengan beberapa sumber protein hewani lainnya.

Secara umum, asam amino diperoleh sebagai hasil hidrolisis protein baik menggunakan enzim maupun asam.

Meningkatnya harga bahan pakan yang berbahan dasar protein terutama tepung ikan dan tepung daging yang sebagian besar merupakan bahan pakan impor.

Sehingga keberadaan bahan pakan inkonvensional seperti cacing tanah dapat menjadi salah satu alternatif sumber protein di peternakan rakyat.

Cacing tanah mengandung protein dan asam amino yang lebih baik daripada tepung ikan atau tepung daging.

Kandungan nutrisi cacing tanah yang baik telah mengundang ahli gizi hewan untuk memanfaatkannya sebagai sumber pakan protein pada ransum ayam yang mereka buat.

Secara umum penggunaan cacing tanah baik dalam bentuk fresh maupun earthworm meal (TCT) berdampak positif terhadap peningkatan produksi unggas terutama ayam pedaging.

Di bawah ini adalah beberapa nutrisi pada cacing tanah yang sangat berguna untuk ayam:

  • Sumber Protein Cacing tanah mengandung sumber protein yang sangat tinggi. Sekitar 100 gram cacing tanah lembab mengandung hingga 72% protein kasar. Protein mentah sangat bermanfaat dalam mempercepat pertumbuhan ayam khususnya ayam kampung yang sedang dipelihara atau ayam kampung jenis super.
  • Mineral Springs Cacing tanah juga mengandung beberapa mata air mineral yang sangat penting untuk perkembangan dan daya tahan tubuh ayam seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor dan tembaga. Berbagai mineral dapat meningkatkan laju pertumbuhan ayam sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh terhadap tulang ayam dan daya tahan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit virus seperti gumboro.
  • Sumber Asam Amino dan Vitamin Cacing tanah kering atau hidup juga mengandung sumber asam amino yang sangat penting dalam membantu ayam tumbuh lebih cepat dan tetap sehat. Beberapa asam amino yang ditemukan seperti lisin, metionin, sistein, fenilalanin dan tirosin. Biasanya ayam buras yang memasuki fase pertumbuhan membutuhkan asam amino untuk mendukung pertumbuhan dan melindungi tubuh dari penyakit akibat virus dan perubahan cuaca.
  • Cacing tanah juga mengandung niasin dan vitamin yang dibutuhkan ayam agar tetap sehat hingga panen.

Dalam sebuah penelitian yang dikembangkan di Meksiko, ditemukan bahwa pertumbuhan ayam lebih cepat bila makanan sehari-hari dilengkapi dengan cacing tanah.

Beberapa peternak ayam juga sudah mencoba menggunakan pakan cacing tanah segar sebagai menu tambahan untuk ayam sapi dan hasilnya sangat memuaskan.

Pakan Ayam Dari Cacing Tanah

2

Berikut langkah-langkah membuat tepung cacing tanah untuk pakan ternak:

  • Jangan memberi makan cacing tanah selama sekitar 1 jam sebelum membuat tepung.
  • Lalu cuci bersih cacingnya. Hal ini dilakukan dengan maksud membuang berbagai kotoran dan tanah yang masih menempel di sekitar tubuh, serta lendir juga harus dikeluarkan dari tubuh cacing. Untuk mendapatkan cacingan yang bersih, Anda bisa mencucinya sebanyak 3 sampai 5 kali.
  • Setelah kotoran dan lendir dibersihkan, rebus cacing selama 5 menit.

Untuk membuat pakan dari cacing tanah kalian dapat menggunakan alat bantu mesin pembuat pakan ayam agar mendapat hasil yang maksimal

Pemasakan membuat protein, lemak dan karbohidrat dalam tubuh cacing mudah dicerna oleh ternak. Selama memasak, Anda perlu memperhatikan jumlah air yang digunakan.

Penggunaan air yang berlebihan dapat merugikan, karena air dapat melarutkan vitamin dan mineral yang terdapat pada cacing. Sekitar 500 ml air dibutuhkan untuk merebus 100 gram cacing tanah.

Jika kalian ingin beternak ayam joper bisa kunjungi pakan ayam joper agar kalian dapat mengatahui lebih lanjut tentang ayam joper.

Sekian pembahasan kita mengenai pakan ayam dari cacing tanah,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*