Pakan Ayam dari Maggot,Solusi Pakan Murah!!!

pakan ayam dari maggot

Hai teman-teman kali ini pembahasan kita yaitu pakan ayam dari maggot. Pasti penasaran kan?Yuk simak.

Definisi Maggot

1

Belatung, larva lalat BSF (Black Soldier Fly), memang sangat istimewa dibandingkan bahan baku pakan alternatif lainnya, karena mengandung nutrisi yang lengkap untuk ikan dan berkualitas baik.

Selain itu, belatung dapat diproduksi secara cepat dan terus menerus dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan.

Manfaat Maggot untuk Pakan Ayam

Manfaat lainnya adalah masyarakat dapat dengan mudah menerapkan teknologi produksi maggot. Belatung juga dapat diolah menjadi magmeal yang dapat menekan biaya produksi pakan.

BSF ini bukanlah lalat kotor atau lalat penyebab penyakit seperti lalat pada umumnya. Lalat ini merupakan jenis lalat yang bersih dan dekat dengan manusia berdasarkan penelitian berbagai breeder di seluruh dunia dan memiliki banyak keunggulan.

Usia rata-rata BSF berada dalam rentang waktu yang sangat singkat yaitu 7 hari. Seperti halnya serangga lain pada umumnya.

BSF menghasilkan telur dari hewan BSF betina dan jantan sekitar 500 hingga 900 telur, yang kemudian berubah menjadi larva, larva ini akan kita sebut belatung BSF.

Lalat ini memiliki kemampuan khusus untuk memakan sampah organik karena ususnya memiliki bakteri yang disebut seluloitik yang dapat menghasilkan enzim selulase, yang berperan dalam cara usus mereka memproses sampah organik.

Ini sangat mengkhawatirkan karena ini adalah solusi yang telah lama ditunggu.Karena kemampuan khusus ini, kita tidak perlu khawatir dengan penumpukan sampah dan bau di lingkungan.

Ini telah lama menjadi masalah serius bagi gereja. Kemampuan lalat ini dalam melahap sampah organik sungguh mencengangkan.

Dalam jumlah 10.000 BSF, belatung dapat mengonsumsi setidaknya 1 kg sampah organik per hari dalam waktu 24 jam.

BSF atau lalat tentara hitam merupakan salah satu serangga unik yang perilaku dan kandungan nutrisinya sedang dipelajari.

Dalam penelitian para ahli maggot BSF selain asam amino juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik, sehingga kandungan proteninnya sangat tinggi dibandingkan dengan pakan pabrik.

Selain itu, larva BSF telah dilaporkan berperan sebagai antibiotik. Studi antibakteri yang dilakukan di Korea.

Menunjukkan bahwa larva BSF yang diekstraksi dengan pelarut metanol menunjukkan sifat antibiotik pada bakteri gram positif seperti Klebsiella pneumonia,Neisseria gonorrhoeae dan Shigella sonnei.

Di sisi lain, hasil analisis juga menunjukkan bahwa ekstrak larva tidak efektif melawan bakteri gram positif seperti Bacillus subtilis, Streptococcus mutans dan Sarcina lutea

Ekstrak metanol dari larva BSF dapat menghambat perkembangbiakan bakteri Gram negatif, sehingga penggunaannya sebagai sumber pakan ternak.

Mempunyai arti ganda yaitu kandungan proteinnya yang tinggi dan kandungan antibiotiknya untuk membunuh bakteri Gram negatif yang merugikan.

Pelarut kimia lain juga diuji untuk mengekstrak larva, termasuk air, etanol, heksana, dan kloroform, tetapi tidak memiliki efek antibiotik.

Laporan lain menyatakan bahwa larva BSF mampu menurunkan populasi Salmonella spp dalam tinja manusia hingga 6 log10 selama delapan hari, tetapi tidak efektif untuk Enterococcus spp dan bakteriofag X174 (Lalander et al. 2013).

Larva BSF dapat menurunkan populasi Escherichia coli O157: H7 dan Salmonella enterica serovar Enteritidis pada kotoran unggas dan E. coli pada kotoran sapi perah (Liu et al. 2008).

Penggunaan Maggot BSF sangat dianjurkan oleh sebagian besar peneliti hebat dunia karena manfaatnya sebagai berikut:

  • Lebih ekonomis
  • Ramah lingkungan
  • Protein tinggi

Selain itu, penanaman maggot BSF dapat mengurangi sampah organik yang dapat mencemari lingkungan dan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Oleh karena itu BSF memiliki multi fungsi yaitu sebagai pengamanan lingkungan dan sebagai pakan ayam.

Keuntunggan Pakan Ayam dari Maggot

2

1. Pakan Alami

Pakan alami yang dibutuhkan untuk pakan ayam tentunya sangat aman jika dikonsumsi ayam dibandingkan pakan pabrik pada umumnya.

Bukan hanya fakta alamiah, tetapi belatung bsf ini tidak pernah makan seumur hidupnya karena tidak punya mulut dan hanya minum untuk menjaga pola makan demi kelangsungan hidupnya.

Belatung bsf hanya menghisap dan meminum sari tumbuhan, karena tidak heran jika lalat ini sangat bersih dan tidak mengandung kuman seperti lalat lainnya.

Baca juga pakan ayam joper jika kalian ingin beternak joper.

2. Ketahanan Tubuh Super Kuat

Mungkin masalah terbesar di dunia breeding bagi kebanyakan breeder adalah ketahanan ternak ketika pakan yang tidak tepat digunakan.

Kemungkinan terburuknya adalah semua ternak Anda akan mati karena infeksi virus akibat makanan yang terkontaminasi virus tersebut.

Anda tidak perlu khawatir akan hal itu karena maggot BSF telah diuji oleh para ilmuwan ternama. Sebut saja Prof. Dr. Nahrowi. Ia guru besar di IPB dan sudah lama meneliti maggot BSF ini.

Penelitiannya menjamin bahwa BSF sangat aman dan tidak dapat terkontaminasi oleh penyakit.

Demikian ulasan kita kali initentang pakan ayam dari maggot. Untuk mempermudah dalam pembuatan pakan kalian bisa menggunakan mesin pembuat pakan ayam juga ya.

Terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*