Pakan Ayam Joper Anakan Agar Cepat Gemuk dan Sehat

pakan ayam joper anakan

Hai teman-teman,kali ini kita akan membahas tentang pakan ayam joper anakan agar cepat gemuk dan sehat. Yuk simak sampai akhir

Pakan Ayam Joper Anakan

Ayam bisa dipanen saat berumur lebih dari dua bulan. Namun, Anda dapat menyesuaikannya untuk memenuhi kebutuhan pasar. Jika pasar menginginkan ayam yang masih muda dan kecil, Anda bisa memanen ayam yang berumur dua bulan.

Pakan joper sebenarnya tidak berbeda dengan beternak ayam pada umumnya. Anda bisa memberikan dua jenis pakan yaitu pakan pokok dan pakan pelengkap.

Pakan pokok merupakan jenis pakan yang paling umum diberikan, sedangkan pakan pendamping merupakan jenis pakan yang hanya diberikan untuk melengkapi ransum pakan utama dan bukan pakan utama.

1. Pakan Utama

Memberi pakan adalah cara merawat ayam yang paling utama. Pakan ayam utama yang bisa diberikan pada ayam Joper adalah konsentrat. Jenis konsentrat juga tergantung pada usia ayam yang Anda beri makan. Anda dapat memberikan konsentrat tipe 511, BR-1, atau AK-1 untuk ayam usia 0 hingga 3 minggu

Untuk ayam yang berumur lebih dari tiga minggu, jenis konsentrat yang ditentukan adalah 512, BR-2, atau AKA-2. Jenis lining ini memiliki tekstur yang lebih kasar dan ukuran yang lebih besar.

Saat ini ada beberapa merk pakan ayam Joper seperti Charoen Pokphand, Japfa Comfeed dan New Hope.Secara umum pakan yang dihasilkan sudah terstandarisasi dan memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

Di dalam makanan sudah terdapat komposisi di bagian luar kemasannya, sehingga Anda bisa mengetahui kandungan protein, lemak dan vitamin di dalamnya.

2. Pakan Pelengkap


Pakan pelengkap adalah pakan opsional, jadi pemberian jenis pakan ini tergantung pada keputusan Anda karena sudah tersedia pakan pokok yang memberikan nutrisi penting untuk ayam.

Ada beberapa pilihan pakan pendamping yang bisa Anda tambahkan untuk menemani pakan utama, yaitu dedak, jagung, singkong, bungkil kedelai, bekicot, sayur mayur, dan berbagai jenis tepung protein hewani.

Anda harus memperhatikan pemberian makan tambahan. Misalnya pemberian dedak padi dalam jumlah yang tepat yaitu maksimal 10-15% dari total pakan yang diberikan dapat mendukung perkembangan ayam.

Namun jika batas ini terlampaui maka berpengaruh pada sistem pencernaan ayam, secara tidak langsung mempengaruhi produktivitas.

Pada saat pembuatan pakan kalian bisa menggunakan alat bantu berupa mesin pembuat pakan ayam juga ya.

Pakan Ayam Joper Anakan Agar Cepat Gemuk

1

1. Dedak

Bekatul atau yang biasa dikenal dengan dedak terbuat dari limbah olahan beras menjadi beras. Dedak adalah jenis pakan yang paling terkenal dan paling banyak digunakan.

Bekatul mengandung sumber energi dan asam amino yang tinggi. Sebaiknya batasi pasokan dedak pada ayam muda, karena dedak mengandung sekitar 11-12% serat kasar, yang agak sulit dicerna ayam.

Dedak mengandung banyak lemak. Jika dibiarkan dalam penyimpanan terlalu lama, bisa menjadi menggumpal dan berbau anyir.

Bekatulnya sendiri yang kasar dan halus, lebih baik dipilih yang halus karena tinggi protein dan rendah serat mentah.

Sebenarnya kasar dan halusnya tergantung seberapa banyak campuran kulitnya. Tapi kalau kita beli di toko, biasanya halus, tinggi protein dan vitamin B.

2. Jagung

Jagung juga menjadi pilihan banyak peternak ayam karena nilai gizinya yang tinggi dan juga mengandung karbohidrat untuk energi.

Ada 3 jenis jagung yang umum dikenal yaitu: jagung kuning, jagung merah, dan jagung putih. Tapi jagung kuning adalah yang terbaik, meski mahal, tapi memiliki kandungan nutrisi terbesar.

Selain karbohidrat, jagung kuning tinggi pro vitamin A dan serat kasarnya rendah, sehingga mudah dicerna dan rasanya enak (enak).

Karena harganya yang cukup mahal, gunakan sekitar 20-40% dari total pakan sebagai campuran. Jika Anda berencana menggunakan jagung merah atau putih, ada baiknya Anda melengkapinya dengan suplemen vitamin A.

Jika jagung sulit didapat, sorgum bisa menggantikannya karena nilai gizinya hampir sama. Hanya saja, jangan berikan terlalu banyak karena sorgum sulit dicerna, tidak mengandung pro-vitamin A, dan rasanya tidak enak.

3. Sorgum

Produksi sorgum hanya dimungkinkan di daerah tertentu dan ada beberapa nama yang menyebut Cantel, Cantrik dan Batar Tojeng.

Kandungan protein sorgum sedikit lebih tinggi dari pada jagung dan juga mengandung xantofil.

Tetapi sorgum juga mengandung zat penghambat nutrisi yang disebut tanin, yang kaya akan tanin, yang menyulitkan protein untuk dicerna dan mengurangi pertumbuhan dan kelainan pada kaki.

Beberapa sorgum berwarna putih dan beberapa berwarna. Semakin banyak warna biji sorgum maka semakin tinggi kandungan taninnya, misalnya: merah dan coklat.

Kandungan tanin sorgum dapat dikurangi dengan cara: mengupas kulit luar, perendaman dan fermentasi.

Jadwal Pemberian Makan Ayam Joper

Pakan merupakan komponen krusial dalam bisnis ayam, terutama dalam menentukan apakah bisnis tersebut menang atau kalah. Ini karena memberi makan bukan hanya sumber energi, tetapi juga merupakan biaya terbesar dalam bisnis.

Persentasenya bisa mencapai 70-80% dari total biaya usaha, sehingga pakan ayam yang diberikan harus sesuai dengan dosis dan kepadatan nutrien

Kebutuhan Pakan per Ekor

2

Kebutuhan ayam untuk diberi pakan hingga panen berbeda-beda pada setiap tahap pertumbuhannya.

Semakin dewasa maka semakin banyak ayam yang mengkonsumsinya karena membutuhkan energi yang lebih banyak dibandingkan dengan ayam yang masih muda.

Demikian pembahasan kita tentang pakan ayam joper anakan agar cepat gemuk dan sehat,semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kalian dalam bidang peternakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*