Panduan Memilih Cincin Emas, Simak Tips Berikut!

Saat ini membeli emas buka lagi untuk dijadikan sebagai perhiasan semata, namun banyak yang menjadikan emas ini untuk investasi. Emas juga biasa digunakan sebagai cincin saat lamaran. Harga cincin lamaran emas 24 karat juga cukup stabil.

Panduan Memilih Cincin Emas, Simak Tips Berikut!

Pastikan membelikan cincin saat lamaran adalah emas yang terbaik. Jangan sampai salah pilih yang bisa membuat lamaran Anda tidak istimewa hanya karena cincin lamaran tidak sesuai.

Cara Memilih Cincin Emas

Cincin merupakan salah satu perhiasan yang digunakan banyak orang. Hal ini dikarenakan cincin merupakan perhiasan yang simple. Saat membeli cincin emas, Anda jangan sembarangan membelinya. Ada beberapa tips membeli cincin emas, berikut diantaranya:

1. Tentukan Kadar Emas

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kadar emas yang dikandung. Kadar emas sendiri memiliki 4 jenis yakni emas 9 karat, 10 karat, 18 karat serta 24 karat. Semakin tinggi kadar emas tersebut maka harga yang ditawarkan juga semakin tinggi.

2. Ukurlah Lingkar Jari

Saat Anda ingin membeli cincin emas pastikan ukurannya sesuai dengan Anda. Hal ini nantinya sangat berguna agar cincin tersebut bisa pas dengan jari Anda. Sehingga enak untuk dilihat dan nyaman untuk Anda gunakan.

3. Pilih Model Cincin Sesuai Selera

Cara selanjutnya adalah dengan memilih model sesuai dengan selera Anda. Anda bisa memilih model cincin yang sederhana hingga model cincin yang mewah dengan banyak detailĀ  di cincin tersebut.

Memilih model juga harus disesuaikan dengan penggunaannya untuk apa. Jika Anda ingin menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari maka pilihlah model yang sederhana namun tetap terlihat elegan.

Atau jika ingin membeli cincin untuk lamaran atau pernikahan, pilihlah sesuai dengan kemauan pasangan Anda. pastikan model yang tidak ketinggalan zaman alias model terbaru.

4. Cari Tahu Harga Emas Hari Ini

Cara ini dilakukan karena harga emas yang fluktuatif membuat harga emas akan berbeda-beda tiap harinya. Maka dari itu carilah informasi harga perhiasan hari ini agar tau budget yang diperlukan berapa.

Disarankan untuk membeli cincin emas saat harga turun, ini dilakukan agar Anda akan untung jika ingin menjualnya saat harganya naik. Umumnya harga emas terdiri dari harga emas per gramnya dan ongkos pembuatannya.

5. Cek Kondisi Emas

Sebelum membeli cincin emas tentu Anda harus memperhatikan kondisi emas yang akan Anda beli. Pastikan cincin emas tersebut tidak ada goresan, cacat, ataupun cuilan-cuilan. Perhatikan juga noda yang tertinggal di emas tersebut.

Jangan sampai ada noda bekas pencucian dengan bahan kimia. Lebih baik lagi jika membeli cincin emas yang bersertifikat, jadi nantinya bisa dijual lagi.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara membeli cincin emas yang terbaik bagi pemula. Jika cincin tersebut digunakan sebagai lamaran, pastikan harga cincin lamaran emas 24 karat adalah harga yang sesuai dengan budget dan selera Anda.

Cara di atas juga bisa membuat Anda menghemat uang. Hal ini dikarenakan Anda sudah mendapatkan cincin emas yang sesuai dengan Anda dan akan bertahan lama serta tidak diganti-ganti lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*