Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa

Peluang Usaha Mahasiswa

Peluang usaha sampingan mahasiswa sebenarnya banyak jika kita serius untuk menggali apa yang ada disekeliling mahasiswa yang dapat dijadikan usaha sampingan.

Memang sih perlu disadari bahwa seorang mahasiswa tugas utamanya adalah belajar tetapi dari pada waktu senggang dipergunakan ke hal-hal yang negatif, kenapa tidak digunakan untuk usaha?, kan hasil akhirnya juga jika berhasil baik untuk dirinya sendiri dan membantu orang tua dalam membiayai kuliah.

1

Untuk memulai usaha sampingan, seorang mahasiswa harus menyiapkan mental, pengetahuan bisnis yang akan dijalani, harus mampu mengatur waktu dan sedikit modal untuk memulai, karena jika seorang mahasiswa tidak memiliki mental yang baik, baru diterpa masalah kecil langsung keok.

Begitupun dengan manajemen waktu, mahasiswa yang memulai usaha harus mampu mengatur jadwal kuliah dan waktu usaha jika tidak maka salah satu akan hancur.

Setelah mental sudah siap, waktu kuliah dan usaha sudah bisa diatur, modal usaha sudah ada, maka langkah berikutnya? “Usaha apa yang mahasiswa dapat jalankan?”.

Untuk mengetahui usaha apa saja yang baik untuk dijalankan, sebaiknya kita mulai dengan menggali bakat (kemampuan) dan hobby (kesenangan).

Bakat (kemampuan) bisa berupa bakat seni, kemampuan mengajar, berdagang dan lain-lain. Hobby (kesenangan) berupa hobby bermain bola, kesenangan membuat kue dan lain-lain.

Apa yang menjadi bakat atau hobby bisa dijadikan awal usaha, misalnya anda hobby bermain bola tentunya hal-hal seperti baju bola, aksesoris club bola dunia bisa dijadikan bisnis.

Bisnis Yang Baik Untuk Mahasiswa

Berikut ini adalah bisnis yang pernah dijalankan mahasiswa disela-sela waktu kuliah, ini bisa menjadi inspirasi anda untuk mengembangkan usaha sampingan :

1. Les Privat Anak SD, SMP, SMA

Peluang usaha ini pernah dijalankan oleh mahasiswa semester akhir, dengan bermodalkan kolom iklan di media surat kabar lokal dengan slogan iklan “Menghadirkan guru privat di rumah anda”, Mahasiswa semester 5 jurusan Bahasa Inggris ini bisa berpenghasilan jutaan rupiah sebulan.

Jika pendaftar les privat rumahan lagi banyak, teman-teman mahasiswanya yang lain juga ikut kecipratan dengan mendapat job mengajar.

2. Jualan Kecil-kecilan

Peluang usaha ini sering dilakukan mahasiswa semester awal, memang sedikit harus bermental agar bisa menghasilkan.

Salah satu contohnya yang pernah kami temukan adalah seorang mahasiswa berjualan Choki-Choki (Coklat Pasta) di SPBU dekat tempat kostnya, dengan bermodal sekotak Choki-Choki dengan cara menawarkan ke setiap pengendara yang mengisi bahan bakar.

Dengan waktu jual mulai sore jam 17:00 sampai malam jam 20.30 mahasiswa ini bisa menjual 2 hingga 3 kotak Choki-choki dengan keuntungan rata-rata Rp.50.000.

3. Jualan Baju

Peluang usaha ini sering dilakukan mahasiswa yang senang dengan fashion dan olah raga tertentu, seperti yang pernah dilakukan oleh beberapa mahasiswa. Mereka patungan untuk memodali usaha jual baju bola dan mereka pasarkan di dekat kampus mereka sendiri.

4. Bisnis Waralaba

Peluang usaha di bisnis waralaba sangat besar. Yang diperlukan adalah keberanian usaha karena modalnya juga tidak sedikit.

Untuk modal dapat disiasati dengan cara patungan beberapa teman dan mengelola usaha secara bersama-sama.

Usaha yang pernah dijalankan beberapa mahasiswa secara bersama-sama adalah terjung kebisnis Kebab Turki milik Seorang yang ahli dalam bidangnya.

baca juga: http://koranmakassaronline.com/2019/08/10/foredi-makassar-promo-beli-1-box-gratis-1-sachet/

5. Bisnis MLM

Jangan skeptis dulu jika mendengar MLM karena tidak sedikit mahasiswa berpenghasilan puluhan juta rupiah dari bisnis yang satu ini.

Untuk memilih bisnis MLM yang baik untuk mahasiswa adalah MLM yang telah terintegrasi dengan dunia online.

Jadi Bisnisnya menggabungkan antara Network Marketing dan Internet Marketing. Bisnis seperti ini tidak memerlukan waktu yang banyak dan modal yang digunakan juga tidaklah besar.

Beberapa MLM yang terkoneksi dengan Internet Marketing, jika bergabung di jaringan mereka maka anda mendapatkan website landing page dan toko online. Jika anda ingin mencari MLM yang seperti ini, silahkan hubungi saya, ini web saya https://irvanhafid.web.id/

Masih banyak sebenarnya contoh usaha untuk dijadikan motivasi diri. Silahkan anda mencari peluang usaha apa yang cocok buat anda sebagai seorang mahasiswa. Jika sudah ada, buatlah perencanaan yang strategis untuk menjalankannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*