Pembuatan Pot Sabut Kelapa Yang Ramah Lingkungan

Pembuatan Pot Sabut Kelapa

Pembuatan Pot Sabut Kelapa – Pemanfaatan sabut kelapa saat ini sudah semakin banyak. Misalnya sabut kelapa dibuat cocomesh jaring sabut kelapa untuk solusi reklamasi, cocopot untuk media tanaman, cocopot untuk pengganti polybag dan lain – lainnya lagi. Hal ini dilakukan agar keseimbangan alam kita terjaga. Untuk pembahasan ini kita akan membahas mengenai pembuatan pot sabut kelapa yang ramah lingkungan. Yuk simak!

 Penggunaan Sabut Kelapa

Di masa seperti sekarang ini tidak mungkin orang tidak mengetahui buahnya kelapa. Pohon kelapa sendiri ditemukan di seluruh Indonesia dan sangat bagus dikenal di seluruh dunia. Buah kelapa memiliki buah kelapa yang menjadi satu bagian dibuang paling jauh karena masyarakat hanya membutuhkan isi buahnya saja.

Sabut kelapa yang masuk ke dalam air bisa menimbulkan hambatan. Menyebabkan aliran air dan akhirnya banjir. Kelapa sampai sabut relatif jarang diolah menjadi sebuah benda kualitas sehingga kebanyakan orang berpikir itu adalah hal yang baik tak berguna.

Tetapi berbagai jenis dapat dibuat dari batok kelapa ini produk yang ramah lingkungan dan juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi di mata

Untuk periode ini, penulis memilih industri dalam negeri karena berproduksi berbagai jenis pot yang terbuat dari kelapa yang tidak terpakai berbeda ukuran dari yang terkecil untuk kamar bayi hingga yang cukup besar tanaman hias.

Bahan dasar kelapa mereka beli dari penjual es kelapa muda. Kelapa yang ada di pinggir jalan dan hanya perlu isinya buah kelapa itu sendiri.

Pengolahan pot batok kelapa menjadi media tanam akan mampu meningkatkan nilai ekonomi kelapa sehingga dapat diharapkan dapat menambah nilai ekonomi karena diekspor dalam bentuk barang jadi.

Mereka tidak menghasilkan pot dengan bantuan mesin,Anda melakukannya secara manual untuk menjadi pot.

Manfaat Pot Sabut Kelapa

Pot batok kelapa ini sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada tumbuhan adapun kegunaan lain dari pot batok kelapa sebagai berikut:

  1. Perlindungan akar di permukaan lapisan tanah.
  2. Keseimbangan suhu dan kelembaban di dalam tanah konstan.
  3. Perlindungan ekologis terhadap hama.
  4. 100% dapat didaur ulang dan menyederhanakan proses transplantasi.
  5. Menghemat pemakaian konsumsi air untuk tanaman.
  6. Memperpanjang umur tanaman dengan pertumbuhan akar tanaman yang baik.

Pembuatan Pot Sabut Kelapa

Alat :

  • Pisau
  • gunting
  • Pisau besar (parang)
  • Bor
  • Linggis
  • penanda

Bahan – bahan :

  • Sabut kelapa kering
  • Tali fiber atau sejenisnya

Cara Pot Sabut Kelapa :

  1. Ambil kelapa dari batok kelapa kering. Gunakan linggis untuk mengupas kelapa agar kelapa yang sudah dikupas tidak rusak atau tetap tertelan.
  2. Sebarkan batok kelapa atau bagi kelapa menjadi 4 bagian dan potong seperempat bagian atas kelapa dengan pisau besar.
  3. Tandai bagian bawah dan atas dengan spidol di setiap bagian batok kelapa. Bagian ini dilubangi dengan pengeboran. Lubang atas dan bawah digunakan untuk memasang batok kelapa dan sekaligus untuk pengikat pot.
  4. Dengan menggunakan bor, buat lubang dengan hati-hati di bagian yang ditandai.
  5. Masukkan ijuk ke dalam lubang dan kaitkan setiap lubang di batok kelapa agar setiap bagian bisa saling menempel.
  6. Ikatan dimulai dari luar dan menyilang ke dalam sehingga ikatan antar tempurung kelapa saling terhubung erat.
  7. Setelah ikatan bagian dalam terbentuk, silangkan ikatan bagian luar. Lakukan hal yang sama untuk seluruh bagian batok kelapa sehingga membentuk ikatan yang kuat dan membentuk batok kelapa yang menempel di atasnya.

Nah itulah pembuatan pot sabut kelapa yang bisa kalian jadikan referensi budidaya tanaman kalian. Semoga tanaman kalian jauh lebih subur juga. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*