Pentingnya Mempelajari Kisah Nabi Muhammad

pentingnya-mempelajari-kisah-nabi-muhammad

Apakah kita yang mengaku seorang muslim mengetahui bagaimana sejarah atau kisah manusia mulia Nabi Muhammad ﷺ , atau kita memang mengaku sebagai muslim tapi tidak menganggap penting sejarah dari nabi yang mulia ini.

Rubahlah paradigma tersebut, karena sangat penting untuk mengetahui perjalanan manusia mulia ini, di dalamnya terkandung pelajaran yang sangat banyak, dari adab, akhlak dan semua yang berkaitan dengan hukum islam secara umum, juga kita akan mengetahui bagaimana turunnya AL’quran dan untuk apa hadist yang di ucapkan oleh nabi tersebut.

Faidah Mempelajari Kisah Nabi Muhammad ﷺ

Sungguh sangat banyak sekali faedah dari mempelajari sirah nabawiyah ini, dengan mengetahui bagaimana perjalanan beliau ﷺ menyebarkan ajaran yang sempurna ini akan membuat kita memahami pentingnya dakwah.

Bagaimana keajaiban atau mukzizat nabi Muhammad ﷺ akan menambah keimanan kita kepada ajaran yang dibawa, dan mengetahui keluarga beliau ﷺ akan menumbuhkan kecintaan kepada beliau ﷺ yang mana ini adalah kewajiban seorang muslim untuk mencintai Rasullulah ﷺ.

Bagaimana ahlak beliau ﷺ dalam berinteraksi dengan masyarakat awam, dengan orang kafir dan dengan musuh musuh beliau, halini akan menumbuhkan ahlak kita juga karena meniru yang ada pada nabi Muhammad ﷺ.

Mengetahui bagaimana ibadah beliau yang sangat khusu dan ikhlas, akan menumbuhkan kepada hati kita untuk meniru ibadah dan keikhlasan beliau,mungkin faidah ini akan sangat panjang kalau di tuliskan semuanya.

Darimana Mempelajari Sirah Nabawiyah

Untuk mempelajari sirah nabawiyah perlu kita ikuti dari awal nenak moyangnya, dari nabi Ibrahim Alaihisalam, nabi ismail Alaihisalam yang merupakan kakek buyut nabi Muhammad ﷺ.

Lalu pelajari kakeknya, dari Hasyim, Abul muthalib, Abdulah, Aminah dan semua silsilah beliau, paman paman beliau dan juga istri-istri beliau, anak anak beliau.

Bagaimana pernikaahan ﷺ beliau dengan Khadijah Radiallahu Anha, perjalanan beliau mendapatkan wahyu pertama, lalu bagaimana beliau mengajak islam kepada keluarga terdekat sampai ke masyarakat pada umumnya.

Proses hijrah ke Habasyah lalu proses hijrah ke yatsrib atau madinah, kisah peperangan yang di lakukan oleh Nabi Muhammad ﷺ hingga wafatnya Rasullulah ﷺ yang mulia ini.

Untuk membaca secara berseri atau perbagian silahkan anda kunujungi website https://penaungu.com dimana di website tersebut di tuliskan kisah nabi muhammad ﷺ lengkap dari silsilah sampai wafatnya, walaupun belum lengkap silahkan ikuti updatetannya.

Membaca Kisah Nabi Muhammad ﷺ Sungguh Mengasikan

Dengan membaca kisah Nabi Muhammad ﷺ sungguh mengasikan, kita bisa membayangkan bagaimana mulianya beliau, bagaimana bisa ada manusia yang tidak pernah marah perihal dunia dan akan marah jika mengusik tentang agama.

Ahlak yang sangat mulia yang sepertinya mustahil untuk di miliki oleh seoarang saat ini, dimana beliau tidak pernah marah kepada pembantunya, tidak pernah mencela makanan, dan sangat santun kepada orang yang mencacinya.

Kisah para sahabat Radiallahu Anhum yang dengan keikhlasan membantu dakwah beliau, mengikuti peperangan dan bagaimana ahlak para sahabat kepada Nabi Muhammad ﷺ.

Kisah heroik para sahabat beliau dalam peperangan, dan cerita ini nyata bukan hoax layaknya cerita film, dan cerita ini bisa kita ceritakan kepada anak kita, agar timbul kecintaan kepada Nabi Muhammad, dan dapat meniru akhlak nabi juga para sahabatnya.

Sungguh dengan mempelajari Sirah Nabawiyah ﷺ akan menggugah kita untukmengamalkan Agama islam secara kaffah atau menyeluruh tidak hanya mengambil agama sebagian saja sesuai dengan nafsu kita.

Karena sebenarnya agama itu adalah petunjuk kepada kita untuk kehidupan dunia maupun akhirat, sehingga dengan kita mempelajari dan mengamalkan agama secara sempurna di dalam kehidupan kita maka kita akan selamat didunia maupun akhirat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*