Penyakit campak dan ciri ciri nya

apa itu sleep apnea

campak ialah munculnya ruang kemah kemerahan pada seluruh tubuh dan dapat mengakibatkan komplikasi yang sangat serius terutama bagi anak-anak .

1

Apa itu penyakit campak?
Rubeola, atau yang lebih dikenal dengan penyakit campak adalah infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Gejala yang paling umum muncul adalah ruam kulit berwarna kemerahan yang muncul 7-14 hari setelah paparan dan dapat bertahan selama 4-10 hari.

Tanda-tanda & gejala
Apa saja ciri dan gejala campak?
Gejala campak seringnya muncul sekitar satu hingga dua minggu setelah seseorang terinfeksi virus. Dikutip dari Mayo Clinic, gejala campak yang paling awal muncul adalah demam tinggi hingga 40 celcius, diikuti dengan mata merah dan berair, pilek, bersin-bersin, batuk kering, sensitif terhadap cahaya, lelah, serta nafsu makan yang menurun.

Dua atau tiga hari setelah gejala awal campak muncul, menyusullah gejala selanjutnya, yaitu muncul bintik-bintik putih keabuan di mulut dan tenggorokan.

Setelah itu, muncul ruam berwarna merah kecokelatan yang diawali dari sekitar telinga, kepala, leher, dan menyebar ke seluruh tubuh.

Ruam ini muncul sekitar empat hari setelah gejala awal campak muncul dan dapat bertahan selama 5-6 hari. Sementara demam tinggi akibat penyakit ini biasanya akan mulai turun pada hari ketiga setelah ruam muncul.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala campak yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala campak, segera konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?
Hubungi dokter jika Anda atau anak Anda mungkin melakukan kontak dengan virus penyebab penyakit ini atau jika Anda atau anak Anda memiliki ruam menyerupai penyakit ini.

Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil dan merasakan gejala campak karena penyakit ini dapat berdampak pada janin Anda.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala campak seperti yang sudah disebutkan di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Selain itu, segera hubungi dokter jika anak Anda menunjukkan gejala-gejala seperti di bawah ini:

Demam tinggi yang semakin parah
Sulit dibangunkan
Linglung atau terus-menerus mengigau
Kesulitan bernapas dan keluhannya tidak membaik setelah Anda membersihkan hidungnya
Mengeluhkan sakit kepala parah
Mengeluarkan cairan kuning dari mata
Masih mengeluhkan demam setelah hari keempat ruam timbul
Terlihat sangat pucat, lemah, dan lunglai
Mengeluhkan sakit telinga

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*