Penyaring Udara Hepa Filter Standart digunakan Untuk Rumah Sakit

Rumah sakit adalah area berkumpulnya orang-orang yang sebagian besar singgah dan dirawat karena berbagai macam penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme sehingga rumah sakit jadi area penyebaran dan berkembangbiaknya berbagai mikroorganisme.

Bakteri, virus, dan jamur terlampau enteng tersebar oleh udara. Hal ini tentu jadi masalah kebugaran yang bukan hanya berdampak bagi pasien namun termasuk bagi orang-orang yang beraktifitas dirumah sakit seperti perawat, dokter, pengunjung pasien dan petugas rumah sakit lainnya. Untuk mengatasi masalah berikut maka diperlukan pengaturan proses tata udara yang khusus untuk rumah sakit.

Saat ini dikota Manado tengah dibangun sebagian rumah sakit berskala internasional seperti RS Daerah Propinsi Sulut Ratumbuisang dan RSUD Berkat Kota Manado dan juga Rumah Sakit Medical Centre, maka perihal ini jadi perlu untuk diperhatikan.

Kementerian Kesehatan RI sudah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan No 24 th. 2016 tentang pengaturan tehnis bangunan dan pra fasilitas rumah sakit.

Permenkes berikut termasuk mengacu terhadap standart 209 E (ISO 14644-1 cleanrooms standart 1999) dan untuk aplikasi rumah sakit yang berada di kelas 100.000 (ISO 8) , kelas 10.000 (ISO 7) dan kelas 1000 (ISO 6) .

Kualitas udara termasuk terlampau merubah kebugaran seseorang dengan udara yang bersih dapat menunjang menghindar penyebaran penyakit. Untuk menanggung mutu udara maka diperlukan penyaring udara (air filter) .

Di rumah sakit ada banyak ruangan tak sekedar ruangan pasien seperti ruangan bedah , area melahirkan, ruangan anak, ruangan perawatan insentif, ruangan tindakan, lebih-lebih laboratorium.

Ada type penyaring udara yang disebut Hepa Filter (H13 Class) produksi Daikin brand populer asal Jepang. Jenis Hepa Filter inilah yang sudah digunakan oleh rumah sakit – rumah sakit area di seluruh Indonesia lebih-lebih rumah sakit dr.

cipto mangunkusumo termasuk menggunakannya. Hepa Filter Daikin terlampau direkomendasi untuk seluruh ruangan berarti rumah sakit cocok dengan permenkes no 24 thn 2016.


Hepa Filter (H13 Class) miliki kelebihan efisiensi 99.97 % dengan jumlah penyerapan partikel 35.200. Untuk memasang instalasi dan memesan product Hepa Filter ini dapat menghubungi CV. Bayutama Airkon beralamatkan Jl. Sam Ratulangi No 92 wenang selatan Manado.

” kita sudah mempunyai pengalaman memasang product Hepa Filter ini dibeberapa rumah sakit dikota Manado lebih-lebih product daikin dihotel hotel termasuk ,” kata Djoni Mawati Direktur CV.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*