Perbedaan Metodologi Penelitian Dengan Metode Penelitian

Pada kesempatan kali ini kita akan membahasa bab 3 pada format penelitian yaitu Metodologi penelitian, yang mana pada bab-bab sebelumnya membahas latar belakang dan perumusan masalahan juga landasan teori Literatur Review.

Lalu apa bedanya metodologi penelitian dengan metode penelitian?

Metodologi penelitian terbagi menjadi 3 jenis data yaitu Kualitatif, Kuantitatif, dan Gabungan yang berisi metode metode penelitian setiap metode memiliki filosofi tersendiri terhadap pemecahan masalah sehingga metodologi penelitian adalah kumpulan dari metode metode yang kita bedah sehingga metode apa yang paling cocok untuk memecahkan masalah penelitian kita. Metodologi penelitian juga di bagi menjadi 2 yaitu:

Penelitian Dasar yaitu meneliti dan menemukan hal hal baru atau pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah diketahui dan tidak fokus pada kegunaannya secara praktis atau secara langsung.

Penelitian Terapan, apa itu? yaitu penelitian yang dilakukan dengan tujuan menerapkan, menguji dan mengevaluasi kemana tujuan sebuah teori yang diterpakan dalam memecahkan masalah masalah.

Metode Penelitian adalah urutan, tahapan, prosedur dari starts hingga finish untuk memecahkan masalah penelitian kita. Pada metode penelitian yang perlu diperhatikan adalah input data, proses data, dan output data. Suatu metode yang berbeda misalnya: Metode A input data Time Series, Metode B input data Cross Section, Metode C input Data Panel, metode D input data format Cross Tab.

Dan metode metode lain setiap metode itu ada menginginkan input data yang spesifik, jadi ketika kita meneliti perhatikan juga dengan baik input data yang akan kita masukkan kedalam metode penelitian.

Pemilihan metode penelitian yang tepat nanti akan menjawab & memecahkan permasalahan penelitian kita, sehingga harapan dan tujuan penelitian kita akan terpecahkan, terurailah masalah tersebut.

Dalam memilih metode penelitian ini sungguh sangat cermat jangan sampai data yang kita ambil data yang kita buat data yang kita kumpulkan ternyata tidak sesuai dengan metode penelitian ini. Sehingga menyebabkan kita harus mengambil data lagi atau merubah metode penelitian, semoga sampai disini dapat dipahami dengan baik dan semoga bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*