Perkembangan Kemampuan Bicara Anak Usia 8 Tahun

Perkembangan Kemampuan Bicara Anak Usia 8 Tahun

Bicara adalah kemampuan untuk menggunakan bibir, lidah, dan bagian mulut lainnya untuk menghasilkan suara.

Untuk berbicara, anak-anak perlu memahami suara yang berbeda dan aturan untuk menyatukan suara-suara itu dalam bahasa mereka sendiri.

Sebagian besar anak membuat kesalahan dalam pidato mereka selama beberapa tahun pertama perkembangan bicara. Tetapi sekitar tiga tahun, sebagian besar anak-anak dapat dipahami oleh pengasuh utama mereka, saudara kandung dan teman sebaya.

Mengenali Gangguan Bicara

Jika Anda khawatir anak Anda mungkin memiliki kelainan bicara, pikirkan seberapa sering orang yang tidak mengenal anak Anda mengalami kesulitan memahami apa yang dikatakan anak Anda.

Ketika seorang anak berusia dua tahun, orang yang tidak dikenal harus memahami sekitar setengah hingga tiga perempat dari apa yang dikatakan anak itu.

Ketika seorang anak berusia tiga tahun ke atas, orang yang tidak dikenal harus memahami anak itu hampir sepanjang waktu, meskipun anak itu mungkin masih akan mengatakan beberapa suara dan kata-kata yang berbeda dari orang dewasa.

Beberapa kelainan bicara terjadi ketika seorang anak memiliki masalah fisik (seperti langit-langit mulut sumbing) yang menyulitkan anak untuk menciptakan suara-suara ucapan. Yang lain mengalami kesulitan karena tuli atau gangguan pendengaran. Tetapi kebanyakan anak-anak tidak memiliki alasan khusus untuk gangguan bicara mereka.

Gangguan bicara berbeda dari keterlambatan bahasa. Anak-anak dengan gangguan bicara dapat memahami kata-kata dan kalimat dengan baik dan membentuk kalimat dengan benar. Anak-anak dengan keterlambatan bahasa mungkin menggunakan sangat sedikit kata-kata untuk usia mereka atau tidak mengerti apa yang Anda katakan.

Kapan Mencari Bantuan Untuk Gangguan Bicara

Jika anak Anda memiliki gangguan bicara, Anda mungkin perlu bantuan dari seorang profesional. Yang terbaik untuk mempertimbangkan mencari bantuan jika anak Anda:

  • terdengar sangat tidak matang untuk usianya – yaitu, ia hanya menggunakan beberapa suara atau pola bicara
  • tidak mengucapkan kata-kata seperti yang Anda harapkan untuk anak seusianya
  • menjadi frustasi – misalnya, dia marah ketika dia tidak mengerti, harus mengulangi suara atau dia gagap
  • memiliki gangguan pendengaran.

Dimana Mencari Bantuan Untuk Gangguan Bicara

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang perkembangan bicara anak Anda, adalah ide yang sangat bagus untuk berbicara dengan dokter umum Anda, perawat anak atau perawat kesehatan anak dan keluarga atau guru anak Anda. Seperti yang terdapat di klinik terapi wicara jakarta misalnya.

Para profesional ini mungkin merujuk Anda ke ahli terapis wicara, atau Anda dapat mengunjungi sendiri ahli terapis wicara yang berlatih secara pribadi. Anda mungkin dirujuk ke audiolog jika ada kemungkinan masalah bicara anak Anda disebabkan oleh gangguan pendengaran.

Membantu Perkembangan Bicara Anak Anda

Normal bagi anak-anak kecil untuk mengucapkan kata-kata secara berbeda dari orang dewasa. Tidak perlu memperbaikinya setiap kali mereka melakukan kesalahan – ini bisa membuat frustasi bagi semua orang.

Jika Anda ingin mendorong anak Anda, pengingat yang lembut dapat membantu anak Anda mengucapkan kata-kata dengan cara yang benar. Misalnya, jika anak Anda berkata, “Aku melihat tat ‘, Anda bisa menjawab,” Di mana kucing itu? Apa yang kucing lakukan? ‘Ini melibatkan pengulangan bunyi yang hilang atau berbeda -‘ kucing ‘- dengan sedikit penekanan.

Jika ucapan anak Anda benar-benar sulit dimengerti, berikut adalah beberapa ide untuk membantu anak Anda berkomunikasi:

  • Minta anak Anda untuk menunjukkan kepada Anda apa yang ia bicarakan – misalnya, minta dia untuk menunjuk ke hal yang diinginkannya.
  • Ajukan pertanyaan sederhana untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang apa yang anak Anda coba katakan – misalnya, ‘Apakah Anda memberi tahu saya tentang sesuatu yang terjadi hari ini? Apakah itu terjadi di kinder? “Lalu biarkan anak Anda menceritakan kisah selanjutnya.
  • Dorong anak Anda untuk berbicara perlahan. Beri tahu anak Anda bahwa Anda mendengarkan, dan dia memiliki waktu yang cukup untuk memberi tahu Anda.

Yang Tidak Perlu Dikhawatirkan

Meskipun anak-anak dapat membuat suara yang tepat, mereka mungkin tidak menggunakannya dengan benar dalam kata-kata di tahun-tahun awal. Dan sementara mereka belajar berbicara, anak-anak menyederhanakan pembicaraan orang dewasa untuk membuatnya lebih mudah untuk dikatakan.

Tidak apa-apa jika anak Anda yang berusia tiga tahun masih melakukan semua hal ini, selama Anda dapat memahami apa yang dia katakan. Tetapi jika anak Anda membuat banyak kesalahan dan Anda tidak bisa mengerti apa yang dia katakan, itu ide yang baik untuk menemui ahli terapis bicara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*