Proses dan klasifikasi metamorfosis belalang

Ada yang udah mengenal atau pernah mendengar berkenaan arti Metamorfosis Belalang? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

Belalang merupakan keliru satu serangga yang sering menjadi hama bagi tanaman para petani. Sifatnya yang rakus sebabkan daun-daun tanaman habis dimakannya.

1

Belalang ini terhitung merupakan keliru satu model hewan, yang terhitung kedalam klasifikasi insekta (Insecta) didalam bahasa Latin, yaitu Insectum yang bermakna terpotong menjadi sebagian bagian.

Metamorfosis yang terjadi terhadap belalang, tergolong kedalam model metamorfosis tidak sempurna, gara-gara tidak mengalami berwujud berwujud kepompong atau pupa.

Klasifikasi Belalang

  • Kingdom : Animalia
  • Phylum : Arthropoda
  • Class : Insecta
  • Order : Orthoptera
  • Suborder : Caelifera
  • Common Name : Grasshopper
  • Scientific Name : Melanoplus differentialis

Jenis – Jenis Belalang

  1. Belalang Kayu

Belalang kayu yakni style belalang punya ukuran kurang lebih 85 mm sementara ia dewasa bersama dengan warna tubuhnya menjadi cokelat tua.

  1. Belalang Sembah

Belalang sembah atau belalang sentadu adalah tidak benar satu style serangga dan tergolong ke di dalam ordo Mantodea.

  1. Belalang Hijau

Belalang yang punya nama latin Atractomorpha crenulata ini tergolong ke di dalam ordo Orthoptera.

  1. Belalang Batu

Belalang ini merupakan style belalang yang cuma satu style belalang bersama dengan tampilan yang unik dan memukau.

Ciri – Ciri Belalang

  1. Karakteristik Fisik

Dari faktor anatomi belalang umumnya berwarna cokelat, hijau atau hitam, punya kaki belakang yang besar untuk menunjang belalang di dalam melompat jarak jauh dari daun ke daun, kaki sedang dan kaki depan digunakan untuk berlangsung dan menggenggam daun-daunan.

Antena belalang punya susunan sensorik yang merespon berwujud sentuhan dan bau, belalang punya mata yang bermanfaat untuk merasakan intensitas cahaya dan termasuk penglihatan yang luas, serta punya dua pasang sayap terhadap bagian depan yang ramping dan terhadap bagian belakang yang besar, oleh sebab itu di dalam bahasa Inggris disebut bersama dengan grasshoppers.

  1. Makanan

Sebagian besar belalang juga kedalam golongan hewan herbivora, yakni mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan yang berada di pohon. Beberapa spesies belalang hidup terhadap tumbuhan Inang dan memakan daun, bunga, batang dan biji buah.

Pada spesies belalang lainnya ada yang juga kedalam golongan hewan omnivora, yakni memakan apa yang berada di tanah, yakni seperti potongan daun, bunga, biji buah bahkan serangga yang udah mati. Tetapi umumnya belalang mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam amino, gula dan vitamin yang kompleks.

  1. Reproduksi

Pada belalang betina umumnya punya ukuran tubuh yang lebih besar daripada belalang bantan, sebab Ovipositornya.

Setelah belalang kawin dan siap untuk bertelur. Maka belalang betina akan mengfungsikan Ovipositornya untuk menggali lubang terhadap tanah, supaya Belalang Betina mampu bertelur.

Pada telur yang dihasilkan oleh belalang betina punya bentuk, ukuran, dan jumlah telur yang berbeda-beda, terkait terhadap style spesies belalang tersebut.

  1. Perilaku

Belalang beraktivitas terhadap siang hari, tetapi terkadang mencari makanan terhadap malam hari. Belalang tidak punya sarang atau lokasi dan beberapa spesies laksanakan migrasi panjang untuk mendapatkan pasokan makanan baru.

Sebagian besar spesies soliter dan cuma berkumpul bersama dengan untuk kawin, tetapi spesies yang bermigrasi terkadang berkumpul di dalam group besar jutaan atau bahkan milyaran individu.

Belalang punya predator seperti kumbang, burung, tikus, ular, dan laba-laba. Ketika Belalang merasa terancam, mereka akan mengeluarkan berwujud cairan berwarna cokelat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*