Pemasangan Rangka Baja Ringan Yang Harus Diperhatikan

rangka baja ringan

Pemasangan Rangka Baja Ringan Yang Harus Diperhatikan

Rangka Baja Ringan – pernah dengar beberapa rangka untuk baja ringan pada baja ringan yang sering roboh dengan angin yang kencang atau sedang gempa? pasti dengan kejadian ini akan sangat merugikan untuk banyak pihak dari pemilik bangunan, di mana pengguna atau penghuni untuk bangunan sampai dengan kontraktor pada pembangunan bangunan. Jadi karena itu  penting untuk selalu di perhatikan yaitu cara pemasanganya dengan rangka atap pada baja ringan yang sangat sesuai dengan standar dan keamanan pemasangan yang benar sehingga bangunanselalu kokoh.

rangka baja ringan

Berikut ini hal yang penting untuk pemasangan rangka atap baja ringan yang harus di perhatikan:

Menentukan Bentuk Atap Rumah

Menentukan beberapa bentuk atap dan salah satu hal yang harus di perhatikan yaitu bentuk pada atap yang tidak hanya memberikan estetika semata namun juga memiliki nilai yang fungsional pada masing- masing serta teknik pemasangan pada atap dan rangka atap pun akan berbeda beda.

Menentukan Material Atap Rumah

Material atau jenis atap rumah juga bermacam-macam dari yang berat sampai .jika atap yang akan di gunakan cukup berat sehingga dapat mempengaruhi ketebalan pada baja ringan yang akan di gunakan serta jarak kuda-kuda untuk baja ringan yang bisa menjadi rapat. Tapi jika terlalu ringan dengan atap maka menjadi sangat ringkih pada saat di terpa dengan angin yang kencang dan hujan deras serta terinjak atau terbentur dengan benda keras. untuk material serta jenis dari atap untuk baja ringan maka yang di rekomendasikan sudah berdasarkan SNI untuk sebuah perumahan yaitu 0,25 mm.             

Perbandingan Atap Metal Dengan Atap Keramik

Rangka Baja Ringan – Jika berat jenis pada atap baja ringan 5 kg /m2serta berat jenis atap untuk keramik 45 kg/m2 sehingga maksimal untuk jarak pada kuda-kuda akan selalu di butuhkan dengan jenis pada atap baja ringan yaitu 1200 mm ketebalan untuk baja ringan kanal C 0,75 mm. Sedangkan maksimalnya yaitu jarak kudq-kudq yang sangat di butuhkan dengan jenis atap keramik yaitu 600 mm dengan ketebalan C 0, 75 mm.   

Menentukan Jenis Baja Ringan dan Ketebalan Baja Ringan                                              

Ketebalan Baja Ringan

Jenis untuk baja ringan serta ketebalan pada baja ringan dan rangka atap rumah dan berdasarkan SNI serta menggunakan kanal C untuk minimum ketebalan pada baja ringan di 0,75mm dan Reng dengan minimum ketebalan baja ringan di 0,45mm. ika ketebalan untuk baja ringan anda ada di bawah minimum dengan ketentuan SNI sehingga jarak untuk kuda-kuda pada baja ringan akan di buat dengan lebih rapat pada 60 cm dan dapat untuk menahan beban. Dengan adanya jarak yang semakin rapat tentu material pada baja ringan akan sangat di butuhkan maka akan semakin banyak sehingga dapat membantu untuk material baja.

Sudut Kemiringan Atap

Sebelum kita memasang rangka untuk atap baja ringan maka sobat builders dapat mengetahui berapa derajat kemiringan pada atap dengan sesuai kebutuhan anda karena semakin miring atap maka akan semakin luas atap yang akan kita gunakan. Sedangkan untuk kemiringan pada atap yang ideal adalah 250 sampai 300.

5.  Sistem Kesatuan Rangka Atap Baja Ringan

Sistem untuk kesatuan memang sangat penting saat memasang rangka baja ringan karena kunci untuk ketahanan pada rangka atap baja ringan yang lainyaSaat terjadi kesalahan kecil pada satu rangka baja ringan, maka akan berimbas ke seluruh atap.jika suatu bagian yang tidak teraplikasi dengan sempurna maka hal tersebut dapat berakibat fataluntuk runtuhnya pada seluruh bangunan.                                         

Rangka Baja Ringan – Pemasangan untuk rangka atap baja ringan justru harus di buat dengan ahinya.Untuk dapat menghindari pada kesalahan untuk memasang rangka atap baja ringan yang akan dapat untuk membahayakan keselamatan diri, pemasangan ini juga harus di lakukan dengan ahlinya

Untuk info tentang Rangka Baja Ringan klik di sini

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*