Resep Iga Bakar Madu Sederhana Yang Lezat dan Mudah

Resep Iga Bakar Madu Sederhana

Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga sehat selalu ya.Pada Kesempatan kali ini saya akan membuat artikel tentang resep iga bakar madu sederhana yang lezat dan mudah,apakah kalian tau apa itu iga?mari kita simak artikel berikut ini.

Resep Iga Bakar Madu Sederhana

Resep Iga Bakar Madu Sederhana

Baca juga : Resep Iga Bakar Madu yang Enak dan Bisa dibuat dirumah

Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke 6 sampai dengan iga ke- 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga.

Tulang iga, atau short ribs, biasa diolah menjadi sup seperti sup konro. Bisa juga dimasak semur, dipanggang.Rib-eye steak adalah potongan dalam bentuk steak, bisa dengan tulang (bone in) atau tanpa tulang (boneless). Biasanya bagian ini digunakan sebagai bahan dasar makanan khas Makassar, sup konro.

Manfaat Resep Iga Bakar Madu Sederhana

1. Cegah Anemia

Anemia merupakan kondisi yang ditandai oleh penurunan jumlah sel darah merah. Makanya, perempuan yang sedang di masa menstruasi kerap juga mengalami anemia.

Di samping itu, kekurangan zat besi juga bisa menjadi penyebab anemia. Biasanya penderitanya cenderung mudah merasa lelah. Dengan mengonsumsi daging sapi, tubuh akan tercukupi kebutuhan zat besinya.

2. Turunkan Risiko Diabetes

Daging sapi mengandung asam linoleat yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga dapat menurunkan risiko diabetes. Selain itu, ada pula kandungan L-carnitine yang bisa membantu memperbaiki kadar glukosa puasa pada pasien diabetes tipe 2. Namun, tetap selalu konsultasikan ke dokter agar selalu mendapatkan penanganan terbaik.

3. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Daging sapi memang dikenal berbahaya, apalagi untuk orang-orang yang berisiko pada penyakit jantung. Namun hal tersebut dikarenakan oleh kandungan lemak jenuhnya. Sehingga, sebaiknya lebih bijaksana saat mengonsumsi daging sapi.

Di samping itu, daging sapi pun bermanfaat untuk kesehatan jantung, lho. Sebab, daging sapi mengandung vitamin B kompleks dan antioksidan yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Tingkatkan Massa Otot

Seperti yang disebutkan sebelumnya, daging sapi mengandung protein yang tinggi, sehingga sangat baik untuk meningkatkan massa otot. Selain itu, nutrisi protein pada daging sapi ini juga bisa memperbaiki tulang, kulit, dan tulang rawan.

Dilansir dari National Library of Medicine, kebutuhan protein yang tidak tercukupi bisa mempercepat pengecilan otot atau bahkan berisiko terkena penyakit sarkopenia. Sarkopenia ini adalah penyakit otot yang ditandai oleh berkurangnya kekuatan dan massa otot. Makanya, daging sapi baik untuk dikonsumsi untuk mencegah hal-hal tersebut.

5. Tingkatkan Imun

Daging sapi mengandung asam amino bernama karnosin yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, karnosin juga bisa berfungsi sebagai anti-glikosilasi, yaitu dapat mengurangi bahaya dari proses glikasi. Glikasi ini merupakan penyebab atherosclerosis dan penyakit kronis lainnya.

6. Tingkatkan Stamina

Agar sehat, selain mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, olahraga secara rutin juga penting. Untuk memenuhi kebutuhan stamina saat berolahraga, dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi daging sapi.

Karnosin pada daging sapi, selain untuk tingkatkan imun, juga bisa mengurangi kelelahan dan dapat meningkatkan kinerja tubuh saat beraktivitas, terutama saat berolahraga.

Efek Samping Resep Iga Bakar Madu Sederhana

1. Kadar Kolesterol Naik

Daging mengandung banyak lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika kolesterol naik maka ini bisa memicu beragam penyakit.

Dua diantara banyak penyakit yang harus diwaspadai adalah stroke dan penyakit jantung. Daging sapi juga mengandung lemak, karenanya harap untuk berhati-hati dan mengukur konsumsi Anda terhadapnya.

2. Dehidrasi

Bahaya terlalu banyak makan daging sapi salah satunya ialah dehidrasi. Daging juga mengandung banyak protein, tetapi jika kita mengkonsumsi terlalu banyak daging yang mengandung protein ini justru bisa menyebabkan bahaya terhadap ginjal.

Kenapa? karena protein yang berlebihan di dalam tubuh dapat menyebabkan ginjal memproduksi urine yang lebih pekat dan membuat kita tanpa sadar telah kekurangan asupan kadar air dalam tubuh. Jika dehidrasi semakin parah ini bisa menyebabkan kulit pada tubuh terlihat kusam, nafsu makan bertambah dan akibatnya kita bisa mengalami obesitas sebelum kita menyadarinya.

3. Metabolisme Tubuh Terganggu

Terlalu banyak mengonsumsi daging sapi dapat meningkatkan resiko metabolisme terhadap tubuh. Itu karena daging sapi mengandung banyak lemak daripada serat yang dapat menghambat proses usus mencerna makanan.

Ini adalah bahaya terlalu banyak makan daging sapi yang harus diwaspadai secara sungguh-sungguh. Bila Anda mau makan daging sapi, harap untuk mengimbanginya dengan buah dan sayuran, serta jangan lupa untuk membatasi jumlah konsumsi daging sapi ke dalam tubuh Anda.

4. Meningkatkan Risiko Sakit Kepala

Bahaya terlalu banyak makan daging sapi berikutnya adalah sakit kepala seperti migrain dan bisa lebih parah. Hal itu terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi. Jika tidak segera ditangani bisa menimbulkan masalah kesehatan serius seperti stroke.

5. Menimbulkan Bau Mulut

Terlalu banyak makan daging sapi juga bisa meningkatkan bau mulut. Daging sapi dapat melepaskan zat ketones yang dapat meningkatkatkan bau mulut yang disebabkan oleh peradangan di dalam tubuh.

Terlalu banyak makan daging sapi menyebabkan laju peradagangan semakin cepat, sehingga dapat menimbulkan kerusakan di sel-sel mulut yang berakhir menjadi pemicu bau mulut. Lebih dari pada itu, zat ketones juga bisa merusak fungsi organ-organ di dalam tubuh.

Resep Iga Bakar Madu Sederhana

Bahan Resep Iga Bakar Madu Sederhana :

  • 1 kg iga bertulang (lebih dikit juga bisa), potong2 sesuai selera
  • 1/2 buah bawang bombay ukuran besar, potong sesuai selera
  • 15 gr bawang putih kupas, iris
  • 1 ruas jahe, geprek
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm saus sambal
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • Secukupnya garam, merica, penyedap

Cara Membuat Resep Iga Bakar Madu Sederhana

  1. Bersihkan iga, rebus sampai empuk atau presto sekitar 30-45 menit sejak berdesis. Angkat, tiriskan, sisakan air kaldunya (disaring dahulu lebih baik)
  2. Siapkan bahan2
  3. Tumis duo bawang dan jahe hingga harum. Tambahkan semua bumbu saus dan air kaldu secukupnya. Masak hingga mendidih.Masukkan iga, aduk rata,masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut, dengan api sedang. Aduk sesekali.
  4. Setelah matang, angkat dan bakar iga dengan wajan panggang teflon atau panggangan sate. Si Uni panggang dgn teflon biar gampang.
  5. Ini memang manis krn pakai madu + saus tomat + kecap. Bisa dimakan dengan sambel uleg kalo mau pedes. Atau pake taburan boncabe kayak si Uni

Nah itulah Resep Iga Bakar Madu Sederhana yang enak dan mudah,bahan-bahannyaa juga gampang didapatkan dipasar atau supermarket serta terjamin kesehatannya,sekian dari saya.Selamat mencoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*