Tambal Gigi Jogja, Solusi Mudah Mengatasi Gigi Ompong

Dokter Gigi Jogja

Saat ini permasalahan tentang gigi sudah lebih mudah ditemukan solusinya. Banyaknya dokter gigi seperti dokter gigi Jogja bisa mengatasi masalah gigi yang rumit sekalipun, seperti gigi yang tanggal/ompong. Kalau dulu banyak orang memasang gigi palsu untuk menutupi gigi yang tanggal, tapi saat ini banyak orang melakukan implan gigi karena lebih tahan lama. Tambal gigi Jogja adalah proses penanaman akar gigi buatan untuk mengganti akar gigi yang hilang.

Kemudian, bagaimana prosedur dari tambal gigi tersebut?

Pertama, yaitu gigi/sisa gigi yang akan dipasangi implan dicabut. Prosedur yang awal ini sama halnya dengan mencabut gigi goyah, yakni mencabut sampai bagian akar gigi.

Kedua, persiapan tulang rahang guna proses pemasangan implan. Rahang yang terlalu lunak ataupun tebal ketika akan dipasang implan maka akan melalui tahap cangkok tulang. Cangkok tulang ini dimaksudkan agar gigi dapat ditanam pada tulang yang kokoh. Biasanya jika pasien melalui tahap cangkok tulang maka penyambungannya akan membutuhkan waktu beberapa bulan. Cangkok tulang disini dapat menggunakan tulang palsu atau mengambil dari bagian tubuh yang lain.

Ketiga, pemasangan implan gigi. Jika tulang rahang sudah siap, maka implan gigi akan dipasang dengan  melalui proses pembedahan. Ketika gusi sudah siap, tulang rahang akan dibor dengan alat khusus agar berlubang. Selanjutnya implan gigi yang berasal dari logam titanium akan ditanam sebagai akar gigi. Setelah selesai proses selanjutnya yakni menunggu implan yang dipasang menyatu dengan tulang. Hal ini juga memakan waktu yang lumayan lama.

Keempat, pemasangan abutment atau penghubung antara implan gigi dengan mahkota gigi. Abutment dipasang ketika proses pemasangan implan gigi selesai dan menyatu. Lewat operasi minor abutment dipasang pada permukaan implan dengan cara membuka gusi kembali. Setelah itu gusi akan ditutup lagi.

Kelima, pemasangan mahkota gigi. Setelah waku jarak antara 1 sampai 2 minggu abutment berhasil dipasang, selanjutnya adalah pemasangan mahkota gigi. Pasien bisa memilih ingin memasang mahkota gigi yang sementara atau permanen. Untuk yang sementara mahkota gigi bisa dilepas dan dibersihkan kapan saja. Sedangkan yang permanen akan dipasang kuat pada abutment menggunakan semen khusus.

Meskipun implant gigi harus melalui proses yang panjang tetapi hasilnya sudah tidak diragukan lagi. Oleh karena itu jika Anda tertarik untuk bisa mendapatkan hasil yang baik jangan lupa untuk datang ke dokter gigi Jogja.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*