Teks Editorial Pengertian Struktur Kaidah dan Contohnya

Selamat datang di materibelajar.co.id web digitalberbagi ilmu pengetahuan. Kali ini kita akan membahas teks editorial? Pernahkah Anda mendengar tentang istri Anda dari Teks Editorial? Jangan khawatir jika Anda belum pernah mendengarnya, di sini kami akan membahas secara rinci pengertian berdasarkan para ahli, struktur, karakteristik, aturan, jenis fungsi, tujuan, manfaat, langkah dan contoh persiapan. Pertimbangkan penjelasan berikut dengan cermat, jangan sampai terlewatkan.

Teks Editorial Pengertian Struktur Kaidah dan Contohnya

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai teks editorila :

Pengertian teks editorial

Teks editorial adalah teks yang mengandung sikap penerbit sehubungan dengan serangkaian masalah yang saat ini sedang dibahas dalam opini publik tentang masalah ekonomi dan politik dengan cara yang bermakna.

Teks editorial yang diterbitkan oleh berbagai media, seperti berita online, surat kabar, dan majalah yang memiliki detail dan peristiwa nyata yang dapat diterima oleh orang-orang yang membacanya.

Struktur teks editorial

Tergantung pada jenisnya, teks editorial berisi 3 struktur sebagai berikut:

  • Pernyataan pendapat adalah pendapat yang berisi argumen tentang masalah yang terjadi di masyarakat.
  • Argumen adalah bentuk bukti yang digunakan dalam teks yang dikomunikasikan kepada publik dalam bentuk data tentang hasil penelitian.
  • Pernyataan opini baru berisi pernyataan baru oleh penulis dalam sebuah teks yang akan memberikan fakta penegasan teks yang ditulis. Dengan deklarasi ulang penulis, pembaca akan mendapatkan pandangan yang berarti dari topik yang berisi saran penulis.

Aturan bahasa dalam teks editorial

Aturan linguistik adalah bahasa yang digunakan dalam teks editorial harus lisan dan tulisan. 5 aturan linguistik berikut dalam teks editorial meliputi:

Kata keterangan adalah kata yang menggunakan kata keterangan seperti, jarang, selalu dan biasanya.
Kata hubung adalah bentuk bahasa kata yang digunakan untuk menghubungkan kalimat lain dengan tujuan tertentu.
Bahan kata kerja adalah salah satu kata kerja yang digunakan dalam imbuhan fisik yang ditunjukkan dalam tindakan.
Rational Verva adalah salah satu kata kerja yang digunakan dalam iteritas A dan B yang mengandung frasa A yang diklasifikasikan dalam kalimat B.
Kata kerja mental adalah salah satu kata kerja yang digunakan dalam persepsi, kemanjuran dan kognisi.

Contoh teks editorial

Pengemudi becak harus mematuhi aturan

Jumlah becak di kota Solo sangat banyak. Alat transportasi ini masih disukai oleh warga Solo ketika mereka melakukan perjalanan jarak pendek. Selanjutnya, keberadaan becak juga mendukung program Solo sebagai kota budaya. Wisatawan dapat menggunakan becak untuk berkeliling kota.

Namun, masalah juga muncul dengan keberadaan becak. Lalu lintas Kota Solo menjadi semakin padat. Selain itu, pengemudi becak sering melakukan pelanggaran lalu lintas, yang tentunya meningkatkan lalu lintas yang padat, bahkan kecelakaan dapat terjadi.

Pelanggaran lalu lintas itu terjadi karena pengemudi becak merasa bebas dari aturan. Jadi, bahkan jika lampu lalu lintas merah, mereka terus menerobos. Bahkan jika terjadi kecelakaan kecil, seperti diabaikan dengan mobil atau sepeda motor, biasanya diselesaikan hanya dengan permintaan maaf atau bahkan dapat saling mendesak dan mengutuk satu sama lain.

Pelanggaran aturan lalu lintas di jalan raya oleh pengemudi becak diakui oleh kepala agen transportasi kota Solo, Yosca Herman Soedrajad. Dia merasa sulit untuk mendisiplinkan tukang becak yang melanggar peraturan lalu lintas karena becak tidak terdaftar. Meski begitu, pihak terkait, seperti polisi dan agen transportasi, harus segera menyelesaikan masalah. Pelanggaran lalu lintas yang sering dilakukan oleh pengemudi becak sangat berbahaya bagi orang tersebut dan pengguna jalan lainnya. Jika tidak terdaftar, tiket tidak mungkin diberikan kepada pengemudi becak. Oleh karena itu, cara lain harus ditemukan di mana mereka ingin mematuhi peraturan lalu lintas.

Misalnya, agen yang kompeten dapat bekerja dengan asosiasi pengemudi becak untuk memberikan wawasan kepada anggota untuk menghormati aturan. Selanjutnya, polisi harus melakukan segala cara untuk mengecam pengemudi becak yang melanggar peraturan lalu lintas. Ketika mereka melanggar aturan, mereka harus diperingatkan di tempat dan harus menerima instruksi untuk selalu mematuhi aturan. Dengan peringatan di tempat yang sama, pengemudi becak diharapkan memahami dan malu mengulangi kesalahan semacam itu.

Sumber : http:// https://materibelajar.co.id/teks-editorial/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*