Trik dan Tips Membersihkan Karpet di Rumah

Trik dan Tips Membersihkan Karpet di Rumah

Siapa bilang karpet kotor harus di laundry? Di rumah pun Anda bisa membersihkannya sendiri. Asalkan tahu triknya yang tepat, karpet pun dijamin akan bersih.

Karpet memang sangat mudah sekali kotor. Apalagi dengan letaknya yang berada di bawah. Itu sebabnya kebersihan karpet harus sering diperhatikan. Termasuk dalam hal mencuci dan merawatnya di rumah.

baca juga: cuci karpet tangerang

Trik Membersihkan Karpet di Rumah

Bagi sebagian orang, membersihkan karpet dirasa sulit. Terlebih ukurannya besar dan berat. Namun jika sudah tahu triknya, hal ini tidak lagi menyulitkan. Untuk itu, ketahui trik membersihkan karpet di rumah berikut ini:

  • Singkirkan Debu dan Kotoran

Hal ini paling penting dilakukan saat membersihkan karpet. Sebelum berlanjut ke tahap pembersihan berikutnya. Pertama-tama, lebih dulu singkirkan debu dan kotoran. Pastikan seluruh permukaannya sudah bersih.

Anda bisa menggunakan sikat berbulu halus. Atau akan lebih baik gunakan ala penyedot debu (vacuum cleaner).

  • Cuci dengan Metode Gantung

Agar proses pembersihan lebih mudah dilakukan. Cucilah karpet pada posisi di gantung. Trik ini nantinya akan sangat memudahkan pembersihan. Karena air dan kotoran dapat langsung turun.

Gantunglah karpet seperti jemuran untuk sekalian dijemur. Dan hindari mencuci dengan membentangkannya di bawah. Sebab itu berpotensi membuat kotoran tertinggal di karpet.

  • Gunakan Penyemprot Air

Alat kebersihan di rumah mungkin terbatas. Tapi setidaknya pastikan gunakan penyemprot air untuk membersihkan karpet. Pasalnya tekanan dari penyemprot air lebih kuat. Sehingga mampu membersihkan hingga ke sela-sela karpet.

Selain itu, jangan lupa gunakan juga sikat yang lembut. Untuk menyingkirkan kotoran membandel.

  • Bilas Lebih dari Dua Kali

Sebaiknya bilaslah karpet lebih dari dua kali. Untuk memastikannya benar-benar bersih. Tanpa ada kotoran ataupun busa yang tertinggal.

Agar lebih bersih, gosok lagi karpet secara perlahan. Perhatikan juga celah-celah kecil karpet. Guna melihat ada tidaknya sisa kotoran.

  • Hindari Menjemur di Bawah Terik Matahari

Menjemur di bawah terik matahari memang cepat kering. Namun itu juga dapat merusak karpet. Untuk itu, hindari menjemur saat sedang terik. Terutama untuk karpet berbahan lembut.

baca juga laundry karpet tangerang

Tips Merawat Kebersihan Karpet

Supaya pembersihan karpet tidak terlalu berat. Dan karpet tidak menjadi cepat kotor. Perawatannya tidak kalah penting diperhatikan. Untuk itu, sebaiknya perhatikan juga tips berikut ini:

  • Gunakan Keset

Penggunaan keset dapat mengurangi kotoran masuk ke rumah. Untuk itu, Anda bisa meletakkan keset di depan rumah. Dengan begitu, karpet dapat lebih awet bersih. Namun pastikan juga rutin mencucinya, lebih sering daripada karpet.

  • Segera Bersihkan Noda

Saat tahu ada noda di karpet, segera bersihkan sampai hilang. Jangan biarkan noda kering apalagi terserap. Agar lebih mudah saat membersihkan karpet.

  • Perhatikan Penempatan Karpet

Agar karpet tidak cepat kotor. Sebaiknya tempatkan karpet di posisi yang jarang dilewati. Hindari juga yang terkena sinar matahari langsung. Agar material tidak cepat rusak dan karpet pun lebih terjaga kebersihannya.

Nah, itulah tadi trik dan tips menjaga kebersihan karpet di rumah. Setidaknya, pastikan Anda lakukan vacuum setiap hari. Agar debu dan kotoran tidak menumpuk.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*