Ini Dia, Cara Membuat Kucing Anda Tetap Sehat

perawatan kucing

Kucing memang hewan peliharaan yang menggemaskan, sehingga tidak heran jika banyak orang yang  memeliharanya di rumah. Banyak alasan yang membuat orang-orang menyukai kucing, mulai dari bulu, hidung, ekor, maupun tingkah lakunya yang lucu. 

Jika Anda memlihara kucing di rumah, kami sarankan untuk selalu merawatnya dengan baik. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kucing seperti yang telah dibahas pada https://adhdmalta.org/.

Pentingkah Perawatan bagi Kucing?

Sama dengan manusia, kucing merupakan makhluk hidup yang membutuhkan kesehatan supaya tetap nyaman dalam hidupnya. Pahamilah bahwa kucing membutuhkan makan, minum, kesehatan, dan kebersihan tempat tinggal. 

Perawatan pada kucing itu sangat penting untuk Anda lakukan supaya hewan peliharaan Anda tersebut tetap sehat dan merasa nyaman. 

Apa Saja Perawatan Untuk Kucing?

1. Makan dan minum

Kebutuhan pokok yang harus diberikan kepada kucing peliharaan Anda adalah makanan dan minuman. Tanpa itu kucing Anda akan mati. Makanan dan minuman adalah sumber energi bagi kucing.

Berilah makanan yang berasal dari daging seperti daging sapi, ayam, dan ikan. Jangan lupa untuk memasaknya terlebih dahulu supaya makanan yang dimakan kucing bebas dari kuman dan bakteri.

2. Mandi

Kucing yang jarang mandi akan menyebabkan bulunya menjadi kasar, bau, mudah rontok dan kulitnya iritasi. Hal ini disebabkan oleh kuman atau debu yang menempel pada bulu dan kulit kucing.

Kami sarankan kepada Anda untuk rajin memandikan kucing setiap 2 minggu sekali menggunakan air dingin. Gunakanlah sampo khusus kucing supaya bulunya tidak mudah rontok dan tetap halus. 

3. Sisir dan bersihkan bagian tertentu

Sesekali Anda perlu menyisir bulu kucing supaya lebih halus. Bersihkan juga bagian telinga dan potonglah kuku kucing.

4. Berikan obat cacing

Supaya kucing Anda tetap sehat, berikanlah obat cacing 3 bulan sekali. Obat cacing dapat Anda beli di pet shop atau di tempat praktik dokter hewan. 

5. Latihan kedisiplinan

Supaya kandang dan rumah Anda tetap bersih dan bebas dari kotoran kucing yang sembarangan, kami sarankan untuk melatih kucing Anda pup dan pipis di tempat yang telah disediakan. 

Coba cek kembali, apakah kucing Anda sudah mendapatkan kasih sayang dan perawatan yang tepat dari Anda? Jika belum, segera lakukan perawatan yang tepat ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*