Perbedaan Antara Kuliah Universitas Dengan Kuliah Politeknik

kuliah politeknik

kuliah politeknik subang

Bagi anda yang saat ini tengah duduk di bangku SMA/SMK kelas XII atau sedang mencari informasi mengenai perkuliahan, artikel ini mungkin dapat sedikit membantu anda menentukan pilihan. Tentu untuk memutuskan pilihan perguruan tinggi yang akan anda masuki bukan merupakan hal yang mudah. Banyak dari kita merasa bingung dan sering menganggap semua perguruan tinggi itu sama, baik itu kuliah di universitas, politeknik, institut, dan sekolah kedinasan. Padahal semua jenis perguruan tinggi tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan dua perguruan tinggi ini, yaitu kuliah universitas dan kuliah politeknik. Dengan mengetahui perbedaan ini, kami harapkan anda dapat memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan anda. Simaklah penjelasannya berikut ini !

  • Jalur masuk perguruan tinggi

Perbedaan pertama adalah pada jalur masuk perguruan tinggi. Biasanya, jalur masuk universitas dapat dilalui dengan jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)  dan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Sedangkan untuk jalur masuk politeknik, biasanya mereka memiliki jalur pendaftaran sendiri, yaitu lewat SB-UMPN(Seleksi Bersama – Ujian Masuk Politeknik Negeri) dan PMDK-PN(Penelusuran Minat dan Kemampuan – Politeknik Negeri).

  • Jenis pendidikan yang diajarkan

Perbedaan selanjutnya adalah pada jenis pendidikan yang diajarkan. Untuk kuliah politeknik, jenis pendidikan yang diajarkan adalah pendidikan vokasi atau pelatihan vokasional. Pendidikan vokasi sendiri merupakan pendidikan kejuruan dengan ilmu yang diajarkan lebih menjurus. Intinya adalah para mahasiswa akan dijadikan ahli di bidang itu sesuai dengan lapangan pekerjaan yang banyak dibutuhkan sekarang ini. Sedangkan untuk kuliah universitas, jenis pendidikan yang diajarkan adalah pendidikan akademis. Sehingga lulusan universitas memiliki kemampuan yang lebih luas di bidang teori.

  • Materi kuliah

Mengenai materi kuliah yang diajarkan pada universitas dan politeknik, dapat kita perbandingkan dengan menggunakan persentase. Untuk materi kuliah politeknik yaitu 60% : 40%. 60% ini untuk materi praktik, dan 40% untuk materi pendidikan (teori). Jadi, tidak heran jika para mahasiswa di politeknik dapat melakukan praktik setiap hari. Hal ini sesuai dengan jenis pendidikan di politeknik, yaitu pendidikan vokasi. Sehingga wajar saja jika praktiknya lebih diutamakan agar para mahasiswa dapat profesional di bidang ini.

Sedangkan untuk kuliah universitas, materi kuliah yang diajarkan memiliki perbandingan persentase yang terbalik dengan kuliah politeknik, yaitu 40% : 60%. 40% untuk materi praktik, dan 60% untuk materi pendidikan (teori). Hal ini karena kuliah universitas lebih menekankan ke pemahaman materi.

  • Gelar yang akan didapatkan

Apabila kita membahas mengenai kuliah politeknik, pasti kebanyakan dari kita akan mendengar juga mengenai jenjang pendidikan D3 dan D4 atau yang biasa juga disebut dengan gelar diploma. Ketika lulus nantinya, untuk lulusan D3 biasanya akan mendapat gelar Ahli Madya (A.md) dan D4 mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST). Sedangkan untuk kuliah universitas, terdapat jenjang S1. S1 ini setara dengan D4 pada  kuliah politeknik, yang membedakan adalah keahliannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*