Teks Eksplanasi Lengkap Berikut Contohnya

Di sekolah-sekolah dalam pelajaran bahasa Indonesia, kita pasti telah mempelajari beberapa teks yang menggambarkan atau menjelaskan peristiwa yang terjadi di bumi ini, ya! teks yang dipelajari adalah teks eksplanasi .

Kali ini kami juga akan membagikan materi tentang teks eksplanasi , dalam artikel ini https://rumusrumus.com/ akan membagikan Pengertian teks eksplanasi, struktur teks penjelasan, karakteristik teks eksplanasi , Prinsip-prinsip teks eksplanasi , contoh-contoh teks eksplanasi dan diskusinya.

Pengertian teks eksplanasi


Teks eksplanasi adalah teks yang berisi proses bagaimana dan mengapa suatu peristiwa terjadi, apakah itu peristiwa alam, sosial, budaya, ilmiah atau lainnya. Semua peristiwa yang terjadi di dunia ini harus selalu memiliki sebab dan akibat dan juga harus melalui proses tertentu.

Struktur teks eksplanasi


Dalam teks penjelasan ini terdiri dari 3 struktur bangunan, mulai dari Deklarasi Umum, sehingga ada sebab dan akibat, dan yang terakhir adalah interpretasi berikut di bawah ini, Smart Nesia memberikan diskusi. Struktur teks penjelasan: Pernyataan umum Pada bagian pertama ini berisi pernyataan umum tentang topik atau masalah yang akan dibahas dalam teks penjelasan yang telah dibuat. Urutan sebab dan akibat Setelah bagian pendidikan umum ada urutan sebab dan akibat, dalam urutan ini sebab dan akibat berisi penjelasan terperinci tentang proses terjadinya peristiwa yang ditulis dari awal hingga akhir. Interpretasi Dan bagian struktural terakhir adalah interpretasi, pada bagian ini berisi kesimpulan tentang topik yang telah dijelaskan dan dibahas dalam teks penjelasan.

Ciri-ciri teks eksplanasi


Untuk memudahkan pengenalan teks eksplanasi , kita dapat melihat karakteristik teks penjelasan, di bawah ini adalah beberapa dari yang berikut
Ciri-ciri teks Eksplanasi :
Ini terdiri dari 3 struktur, yaitu pernyataan umum, urutan sebab dan akibat dan interpretasi. Teks penjelasan ini informatif. Pada kenyataannya, dalam teks penjelasan ini, semua isinya tidak boleh fiktif atau tidak nyata. Ada informasi ilmiah atau ilmiah.

Kaidah Teks eksplanasi

Dalam membuat teks penjelasan sehingga lebih elegan dan mudah dicerna oleh semua pembaca, lebih baik teks penjelasan dibuat dengan aturan yang berbeda. Di bawah ini ada beberapa teks Kaidah Teks eksplanasi :

kalimat yang digunakan secara pasif. Istilah yang digunakan dicari sebagai istilah ilmiah. Berfokus pada hal-hal yang bersifat umum pada manusia. Banyak yang menggunakan kata-kata material dan kata-kata relasional. Biasanya menggunakan konjungsi kausal dan waktu.

Contoh Teks Eksplanasi Kriminalitas

Kriminalitas adalah tindakan kriminal yang dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. “Kriminal” adalah istilah untuk seseorang yang melakukan kejahatan. Jenis kegiatan kriminal ini cukup beragam, seperti pencurian, pembunuhan, penculikan, perampokan dan sejenisnya. Masalah ekonomi adalah alasan umum penjahat. Di mana mereka merasa sulit untuk menemukan pekerjaan dan bahkan kebutuhan yang tidak sebanding dengan pendapatan, dengan ini jelas dapat mendorong keinginan seseorang untuk melakukan tindak pidana.

Terutama di Indonesia, tingkat pengangguran cukup tinggi, sehingga berbanding lurus dengan tingkat kejahatan. Untuk melindungi diri dari melakukan kejahatan, kita harus menanamkan agama yang benar pada awalnya. Sehingga sesegera mungkin masyarakat, khususnya di kalangan anak-anak, sudah dapat memahami bahwa kejahatan adalah tindakan yang harus dihindari dan bertentangan dengan agama. Selain bertentangan dengan agama, tindakan kejahatan juga bertentangan dengan norma dan hukum yang ada di masyarakat. Orang-orang yang melakukan kejahatan selain dosa juga akan menerima sanksi jika itu adalah hukuman oleh pelaku atau sanksi sosial oleh masyarakat.

Demikianlah pembahasan tentah teks ekplanasi semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima kasih!

Sumber terkait : contoh teks eksplanasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*