Mengenal Peninggalan Nenek Moyang Di Situs Joko Dolok

joko-dolog

Ketika pelancong menginginkan tempat wisata berbeda dan terkesan unik dibanding lainnya, coba lihat dari berbagai tempat dengan tema wisata budaya. Ada banyak kota menghadirkan tempat-tempat wisata budaya salah satunya Surabaya dengan Patung Joko Dolog sebagai satu objek wisata budayanya.

joko dolog

Situs Patung Joko Dolog Surabaya berlokasi di Jl. Gubernur Suryo Surabaya. Obyek wisata budaya ini menghadirkan banyak unsur budaya tradisional dimana masih menjadi warisan nenek moyang. Di sana kamu bisa melihat patung bersejarah di dalam sebuah komplek berupa taman dimana terdapat berbagai pohon berukuran besar memberi suasana adem di sekitar lokasi patung.

Patung Joko Dolog ini berbentuk arca berukuran besar yang merupakan perwujudan dari Budha Mahasobya. Tampilan pada raut mukanya terlihat lebih teduh dengan posisi tangan berbentuk bhumispar yakni telapak tangan kiri tertutup seperti sedang menyentuh Buli.

Selain Patung Joko Dolog, di lokasi yang sama juga dapat menyaksikan berbagai arca lainnya namun dari segi ukurannya terlihat lebih kecil. Tampilan dan bentuknya tidak kalah unik dan cantik, sungguh menarik dilihat oleh mata. Bila anda pulang dari surabaya ke malang bisa menggunakan travel surabaya malang.

Sejarah patung Joko Dolog

Menurut cerita yang beredar di tengah masyarakat, sebenarnya Patung Joko Dolog sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Patung ini pernah beberapa kali berpindah tempat hingga akhirnya ditemukan oleh Pemerintah Belanda dan diangkut ke negara Belanda.Kemudian pada tahun 1812 Patung Joko Dolog diangkut lagi dari Belanda menuju Surabaya memakai jalur Tanjung Perak

Untuk memberi perawatan terbaik, dari dinas terkait sudah melakukan pemugaran sehingga bentuknya masih tetap seperti aslinya. Meski suasananya tidak terlalu ramai dibanding obyek wisata lainnya, namun antusias wisatawan luar daerah dan luar negeri terbilang cukup tinggi untuk menyaksikan patung ini.

Selain menyaksikan keindahan patung, kamu juga dapat berkeliling di sekitar taman ataupun bersantai dengan menikmati suasana sejuk. Tidak jarang pelancong menikmati libur mereka dengan berfoto bersama menggunakan latar belakang Patung Joko Dolog.

Maka dari itu manfaatkan momen libur untuk berkunjung ke Patung Joko Dolog dimana jadi satu warisan budaya di kota Surabaya.Jangan lupa selalu perhatikan sopan santun hingga menjaga kebersihan untuk memberi rasa nyaman kepada wisatawan lainnya.

Untuk memasuki obyek wisata budaya ini traveler tidak dikenakan biaya tiket kecuali ongkos parkir kendaraan. Sedangkan bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir karena situs Patung Joko Dolog dapat diakses dengan transportasi umum.

Sekian dulu pembahasan tentang situs Joko Dolok,singkatnya situs joko dolok ini sangat pas untuk kalian kunjungi,apalagi kalian yang memiliki ketertarikan tersendiri tentang situs-situs peninggalan kuno.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*