Menikmati Keindahan Wisata Citumang Pangandaran

citumang-rafting

Sungai Citumang dekat Pangandaran dengan air biru jernihnya, mengalir melalui hutan lebat nan hijau di daerah Cijulang di sepanjang pantai selatan Jawa Barat. Tepi-tepiannya dihiasi dengan batu-batu besar yang indah dengan cabang-cabang pohon dan semak-semak yang gambarnya membungkuk di atas sungai. Saat air mengalir, ia memasuki gua yang menakjubkan. Di sini, ketenangan menyambut pengunjung dengan hangat. Satu-satunya suara yang terdengar adalah harmoni alam yang manis: musik yang diciptakan oleh gemericik air dan bisikan lembut angin saat melintasi pepohonan, diiringi oleh banyak suara unik hewan-hewan yang tersembunyi.

Ketenangan sungai ini terletak di Desa Bojong, di Wilayah Ciamis, sekitar 15 km sebelah barat Pangandaran. Nama Citumang diberikan oleh penduduk setempat yang percaya bahwa buaya tertentu dengan kaki patah pernah hidup di sungai ini. Nama buaya adalah “Si Tumang”, sedangkan “Ci” berarti: sungai. Karenanya nama Citumang diberikan ke sungai.

Saat Anda berjalan diantara tebing-tebing tinggi, aliran sungai sudah bisa terdengar. Melewati tebing, keindahan sungai yang menakjubkan tersingkap. Air biru jernihnya perlahan-lahan mengundang Anda untuk melompat. Ketika Anda berjalan lebih jauh ke hulu, Anda akan menemukan air terjun dengan pohon besar yang memiliki akar menjuntai seperti tali yang dapat Anda andalkan. Ini adalah tempat yang sempurna untuk mengikuti adrenalin Anda: bayangkan diri Anda sebagai Tarzan, berayun dari akarnya untuk melompat turun ke sungai.

Lebih jauh ke hulu, Anda akan menemukan keajaiban alam yang langka. Air dari sungai turun ke bawah dan menghilang ke bumi untuk muncul kembali ke hilir, sama seperti sistem pipa alami. Tempat itu terletak di ujung gua yang disebut gua Taringgul, dan aliran sungai turun ke bumi disebut “Sanghyang Tikoro” atau diterjemahkan berarti “Dewa Tenggorokan”.

Karakteristik sungai dan arusnya yang relatif cepat menjadikannya tempat yang sempurna untuk kegiatan khusus seperti arung jeram dan water tubing. Alih-alih menggunakan perahu karet atau kayak, arung jeram secara harfiah menggunakan tubuh (jelas, memakai peralatan keselamatan seperti helm dan pelampung) untuk menavigasi melalui sungai.

Sama-sama mendebarkan, water tubing adalah jenis khusus arung jeram sungai yang menggunakan “tabung” berbentuk donat daripada perahu atau kayak. Di sini, ‘kasau’ dan ‘umbi’ akan mendapatkan kesempatan untuk menikmati kemegahan Sungai Citumang yang terbaik, baik dalam ketenangan dan sisi sungai yang sama mendebarkannya.

Sungai Citumang juga merupakan tempat yang sempurna untuk membawa anak-anak dan keluarga Anda. Di sini, Anda dapat mengajari mereka nilai-nilai alam, pentingnya lingkungan, dan tempat untuk menghabiskan waktu berkualitas, tidak hanya dengan satu sama lain, tetapi juga dengan lingkungan. 

1 Trackback / Pingback

  1. Uji Nyalim di Gua Jepang Sebelum Mendaki Gunung Ungaran | Random Splat

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*